DetikNews
Minggu 18 Maret 2018, 13:15 WIB

Rp 1,1 juta Bagi Pria di Kota Blitar yang Bersedia Divasektomi

Erliana Riady - detikNews
Rp 1,1 juta Bagi Pria di Kota Blitar yang Bersedia Divasektomi Rp 1,1 juta Bagi Pria di Kota Blitar yang Bersedia Divasektomi/Foto: Erliana Riady
Blitar - awaran menarik bagi warga Kota Blitar, khususnya untuk kaum pria. Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, memberikan penghargaan bagi pria yang bersedia divasektomi dengan uang tunai senilai Rp 1,1 juta.

Pemberian uang tunai tersebut sebagai upaya pemkot untuk mengkampanyekan gerakan program Keluarga Berencana (KB), khususnya untuk Medote Operasi Pria (MOP).

"Program - program KB perlu dikemas lebih kreatif agar orang lebih tertarik dalam mengikuti. Banyak program yang telah kita jalankan. Dan pemberian reward ke peserta MOP ini satu diantara inovasi kita untuk mengkampanyekan program KB bagi kaum pria," kata Wakil Wali Kota Blitar Santoso, Minggu (18/3/2018).

Program MOP dilaunching hari ini. Kegiatan ini ditandai dengan acara konvoi keliling kampanye program KB yang diikuti puluhan pegiat, penyuluh, motivator dan kader KB. Dengan menggelorakan yel-yel dan peraga KB, peserta berkeliling Kota Blitar mengajak masyarakat mengikuti program KB.

Pada acara tersebut juga digelar Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi bagi peserta KB Pria. Usai konvoi, acara ini dilanjutkan dengan pelaksanaan MOP gratis. Informasi yang dihimpun, sebanyak 25 peserta MOP berasal dari warga tiga kecamatan di Kota Blitar.

"Salah satu inti keberhasilan program APBD pro rakyat adalah pengendalian jumlah penduduk. Kami sangat mengapresiasi peserta KB Pria. KB bagi pria ini perlu terus digalakkan karena KB bukan hanya untuk perempuan," tandas Santoso.

Menurut Santoso, Pemkot Blitar mengharapkan operasi MOP seluruh peserta berjalan lancar dan meningkatkan akseptor KB di Kota Blitar. Belum semua daerah yang peduli terhadap pembinaan KB pria. Kota Blitar, lanjutnya, adalah salah satu daerah yang sangat peduli terhadap pembinaan KB pria.

Kreativitas program KB inilah yang mengantarkan Wali Kota Blitar pernah mendapatkan penghargaan tingkat nasional, yakni Manggala Karya Kencana. Penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berkomitmen terhadap penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan keluarga sejahtera di daerahnya.

Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Yenrizal Makmur turut hadir dalam acara hari ini. Pemprov Jatim memberikan dukungan dalam kegiatan itu, dan memuji langkah Pemkot Blitar yang kreatif dalam meningkatkan akseptor KB.

"Kota Blitar termasuk bagus dalam mengelola KB. Dua besar dalam KB Jangka Panjang. Kemudian langkah bagus karena ada anggaran APBD untuk kader KB dan insentif bagi peserta KB Pria yang mengikuti MOP," jelas Yenrizal.

Selain memberikan semangat kepada kader dan penyuluh KB untuk mencegah kematian ibu dan bayi, Yenrizal juga meminta menolak 4 (empat) terlalu. Yaitu melahirkan terlalu muda, melahirkan terlalu tua, melahirkan terlalu sering, dan melahirkan terlalu banyak.

"Apresiasi setingi-tingginya kami berikan untuk pengelolaan KB di Kota Blitar atas pengelolaan Kampung KB," imbuhnya.

Dengan kampung KB ini, pihaknya berharap tidak hanya penduduknya terkendali, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed