DetikNews
Sabtu 17 Maret 2018, 17:40 WIB

Romi Minta Polisi Usut Tewasnya Wakil Ketua DPC PPP Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Romi Minta Polisi Usut Tewasnya Wakil Ketua DPC PPP Jombang Ketum DPP PPP Muchammad Romahurmuziy/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Ketum DPP PPP Muchammad Romahurmuziy atau Romi meminta polisi mengusut tuntas tewasnya Muhammad Syafii Has (58). Wakil Ketua DPC PPP Jombang itu ditemukan tewas telanjang di kebun tebu dengan luka di kepala belakang.

"Informasi yang saya terima ada indikasi kekerasan. Kalau itu memang betul bukan kematian yang wajar karena terjadi kekekerasan, atau bahkan pembunuhan, maka ini kriminalitas," kata Romi usai acara Bedah Pemikiran KH Hasyim Asy'ari di PP Tebuireng, Jombang, Sabtu (17/3/2018).

Jika terdapat unsur pidana di kasus tewasnya Syafii, lanjut Romi, pihaknya mendesak polisi untuk melakukan investigasi hingga tuntas. "Kami meminta karena ini menyangkut politisi di tingkat lokal, hal ini bisa dituntaskan dan segera ditangkap pelakunya," ujarnya.

Sejauh ini, tambah Romi, pihaknya belum mendapat informasi adanya kaitan tewasnya Syafii dengan dinamika politik di Pilbup Jombang.



"Sejauh ini kami belum menerima adanya motif lain kecuali kriminal. Yang bersangkutan politisi, iya, tapi kami belum menerima informasi adanya kaitan dengan politik. Meskipun tak menutup kemungkinan ada kaitannya dengan memanasnya politik di Pilbup Jombang," tandasnya.

Syafii ditemukan tewas dengan posisi terlentang dan telanjang di kebun tebu tepi Sungai Brantas, Desa Mlirip, Jetis, Jumat (16/3) sekitar pukul 09.00 WIB. Hanya celana dalam hitam yang melekat di tubuh korban. Celana dalam ini pun dalam kondisi tak menutupi kemaluan politisi asal Desa Jombok, Kesamben, Jombang tersebut.

Pakaian milik korban tertindih tubuhnya. Dompet dan ponsel korban masih ada di celana. Selain itu, terdapat sejumlah kondom bekas pakai di sekitar mayat. Sepeda motor korban Honda Vario nopol S 5869 OD ditemukan di seberang jalan dari lokasi penemuan mayat.

Dari hasil pemeriksaan luar terhadap jasad korban, ditemukan luka di kepala belakang korban. Keluar darah dari kedua telinga korban.

Politisi PPP ini berada di lokasi diduga sedang berkencan dengan seorang waria berinisial V. Tempat korban ditemukan tewas, biasa menjadi tempat mangkal sekaligus tempat para waria melayani pelanggan.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed