DetikNews
Jumat 16 Maret 2018, 00:19 WIB

Pesan 'Berani' Terduga Penembak Mobil Kadis Perumahan Surabaya

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Pesan Berani Terduga Penembak Mobil Kadis Perumahan Surabaya Foto: Deni Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya - RM, pria berusia 38 tahun, terkesan nekat. Dia seolah tak menyembunyikan identitasnya usai menembak mobil Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya, Eri Cahyadi, yang diparkir di depan rumah, Perum Puri Kencana Karah Blok D, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Rabu (14/3). Ia meninggalkan pesan 'berani' ke satpam perumahan.

Menurut informasi yang didapatkan detikcom, saat diperiksa penyidik, RM mengatakan, "Nek onok opo-opo telpon aku. Iku nomorku. Aku tanggung jawab mobile mari tak brondong. (Kalau ada apa-apa telepon aku. Itu nomorku. Aku tanggung jawab mobilnya habis aku berondong)."


RM juga sempat meminta nomor telepon satpam, kemudian pergi dengan mengendarai mobil Toyota FJ Cruiser bernopol L 3 AP.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menyebut sebelum menembak mobil, RM memang 'mampir' ke pos satpam perumahan. Dia menanyakan alamat, kemudian masuk perumahan.

"Setelah itu balik ke pos satpam lagi, kemudian pergi meninggalkan perumahan," kata Rudi, Kamis (15/3/2018).

Kejadian penembakan dilaporkan Eri dan keluarga. Polisi bergerak cepat dan mengidentifikasi terduga pelaku di KFC Jl Ahmad Yani Surabaya pada malam hari. RM berhasil kabur dengan mengendarai mobil ke arah Waru Sidoarjo. Polisi berkoordinasi dan akhirnya bisa menghadang RM di Bundaran Waru Sidoarjo sekitar pukul 21.00 WIB.


Di dalam mobil RM, polisi menemukan senjata angin jenis Hatsan Bullmaster dengan kaliber 4,5 mm. "Ini senjata yang digunakan untuk memberondong mobil," kata Rudi.

Untuk mengungkap motif penembakan, polisi tak hanya menginterogasi RM tapi juga korban dan pejabat Pemkot Surabaya. Diduga aksi itu dilakukan terkait penertiban bangunan milik RM.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed