DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 17:25 WIB

Terima Dubes Denmark, Ini Investasi yang Ditawarkan Pakde Karwo

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Terima Dubes Denmark, Ini Investasi yang Ditawarkan Pakde Karwo Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Jatim Soekarwo menerima kunjungan Duta Besar Denmark, Rasmus Abildgaard Kristensen. Kunjungannya ini sekaligus untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, misalnya pada sektor perdagangan, investasi dan pariwisata.

"Kami tadi diskusi dengan Gubernur mengenai investasi dan pengembangan bisnis yang akan ada di Jatim," ujar Rasmus usai bertemu Gubernur Jatim di Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (14/3/2018).

Sebab, menurut Rasmus, selain memiliki banyak potensi, Jatim mempunyai iklim investasi yang baik. Terbukti dari kesuksesan yang dirasakan sebuah perusahaan asal Denmark yang telah mendirikan pabrik di Indonesia.

Kini Rasmus berharap kesempatan untuk berinvestasi di sektor lain, seperti transportasi, infrastruktur, teknologi, termasuk cara mengelola air dan limbah.

"Kami juga berusaha menarik sebanyak mungkin investor dari Denmark untuk memberikan solusi pembangunan sesuai yang dibutuhkan Jatim dan sesuai perkembangan yang ada," imbuhnya.
Terima Dubes Denmark, Ini Investasi yang Ditawarkan Pakde KarwoFoto: Hilda Meilisa Rinanda

Sementara itu, Pakde Karwo menawarkan investasi di bidang industri pada para pengusaha Denmark. Sebab rencananya akan ada beberapa pabrik baru yang dibangun di Jatim. Namun Pakde belum memastikan pabrik apa dan dimana karena masih menunggu pembahasan lanjutan terkait rencana ini.

Pakde Karwo menambahkan, investasi di bidang industri ini dirasa lebih efisien karena lebih dekat dengan pasar. Tak hanya itu, investasi ini dapat mengurangi impor bahan baku ke luar negeri. Hal ini karena, hingga saat ini 79 persen bahan baku industri di Indonesia masih didatangkan dari luar atau impor.

"Efisiensi tersebut terutama mempertimbangkan penduduk Indonesia yag mencapai 268 juta atau 40 persen pasar Asia ada di Indonesia. Kontribusi Jatim sendiri sebesar 20.77 persen mensuplai pasar Indonesia. Jatim menjadi hubungan dari pasar yang ada di Indonesia bagian timur," tegasnya.

Selain itu, efisiensi ini juga didukung berbagai jaminan kemudahan di Jatim, semisal jaminan ketersediaan lahan, listrik, kemudahan perijinan, dan tenaga kerja.
Terima Dubes Denmark, Ini Investasi yang Ditawarkan Pakde KarwoFoto: Hilda Meilisa Rinanda

(lll/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed