DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 13:50 WIB

Dramatis! Ibu yang Akan Lahiran di Tengah Banjir Ini Diangkut Perahu

Ainur Rofiq - detikNews
Dramatis! Ibu yang Akan Lahiran di Tengah Banjir Ini Diangkut Perahu Ibu yang akan melahirkan di tengah banjir Bojonegoro/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Luapan Sungai Bengawan Solo ikut merendam sejumlah desa di Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya Dusun Gowok Desa Lebaksari, di mana tinggal pasangan Asrofah (37) dan Imam Mawardi (39).

Malang bagi Asrofah. Di saat rumahnya terendam air, tiba-tiba saja perutnya mengalami kontraksi, pertanda akan melahirkan. Beruntung petugas medis sigap mengatasi keadaan ini.

Asrofah kemudian dilarikan ke puskesmas dengan menggunakan perahu kayu bersama suami, tim medis dibantu petugas dari SAR, TNI, Polri serta BPBD Bojonegoro menuju jalan raya yang berjarak 5 km.
Dramatis! Ibu yang Akan Lahiran di Tengah Banjir Ini Diangkut PerahuFoto: Ainur Rofiq

Dalam keadaan kandungan yang sudah mencapai usia 9 bulan, Asrofah dibaringkan di atas perahu sembari dipasangi cairan infus dan didampingi bidan desa.

Begitu sampai di jalan raya, Asrofah sudah ditunggu ambulans untuk dibawa menuju puskesmas terdekat, yaitu Puskesmas Gunungsari. Di puskesmas tersebut, Asrofah akhirnya melahirkan anak keduanya itu dengan selamat.

"Awalnya mau melahirkan di rumah dibantu bidan desa, tapi karena banjir akhirnya harus di puskesmas. Alhamdulillah lahir selamat dan bayinya perempuan," tutur suami Asrofah, Imam Mawardi di lokasi Banjir Boureno, Rabu (14/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu banjir di Kecamatan Boureno mendapat perhatian serius dari Muspida Bojonegoro, karena hampir seluruh akses jalan tergenang banjir sehingga warga harus menggunakan perahu untuk beraktivitas.

Pasokan logistik sembako juga telah didistribusikan oleh tim SAR gabungan bersama Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro, Dandim 0813 Letkol Redinal Dewanto serta kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo. Warga pun diharapkan tetap waspada.
Dramatis! Ibu yang Akan Lahiran di Tengah Banjir Ini Diangkut PerahuFoto: Ainur Rofiq

(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed