DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 20:23 WIB

Hujan Tak Deras, Sememi Terendam Air Gara-gara Box Culvert

Zaenal Effendi - detikNews
Hujan Tak Deras, Sememi Terendam Air Gara-gara Box Culvert Motor yang mogok tergenang banjir (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Hujan tak begitu deras mengguyur Surabaya. Namun, hujan sebentar itu membuat kawasan Raya Sememi tergenang sekitar 40 cm.

Genangan ini disebabkan adanya penutupan saluran akibat pemasangan box culvert di kawasan tersebut. Akibat genangan tersebut banyak pengendara motor harus menuntun kendaraannya karena mogok.

Genangan ini dibenarkan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati. Menurutnya, genangan tidak bisa dihindari karena ada penutupan saluran untuk pemasangan box culvert.

"Sebelumnya kami mohon maaf kepada masyarakat karena terjadinya genangan ini. Jadi seluruh ujung saluran sepanjang 2 km saat ini dalam pemasangan," kata Erna pada detikcom, Selasa (13/3/2018).

Penutupan saluran dilakukan, kata Erna selain memudahkan pemasangan box culvert juga bertujuan agar air tidak masuk dalam tahap pemasangan sehingga menyulitkan petugas.

"Salurannya dikeruk dalam, tapi diujung-ujungnya ditutup rapat. Supaya airnya tidak merembes dan box-nya bisa dipasang," ungkap dia.

Erna mengatakan pengerjaan box culvert ini terpaksa dilakukan untuk merubah saluran yang awalnya saluran irigasi menjadi drainase.

"Kan awalnya salurannya mengaliri, sekarang dibuat saluran drainase atau menampung air hujan makanya box-nya kami masukkan," ujar Erna.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan pihaknya sudah menurunkan sekitar 30 orang petugas dan satu truk barang untuk membantu warga yang terimbas genangan.

"Petugas Satpol PP dan BPB Linmas kami turunkan untuk membantu pengaturan lalu lintas serta membantu evakuasi. Motor yang mogok kami naikkan ke truk lalu kami antar ke lokasi yang tidak tergenang," ujar Irvan yang juga Plt Kepala BPB Linmas Kota Surabaya ini.

Irvan menambahkan, dari laporan petugas dilapangan. Ketinggian genangan sudah mulai surut sekitar 25 cm dari ketinggian awal sekitar 40 cm.

"Semoga tidak hujan lagi, karena genangan sudah surut 25 cm dari awal genangan sekitar 40 cm," pungkas Irvan.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed