Warga Ponorogo Kembali Tuntut Ganti Rugi Dampak Proyek Waduk Bendo

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 12 Mar 2018 15:56 WIB
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Puluhan warga di Ponorogo menuntut kejelasan ganti rugi atas tanah dampak pembangunan proyek Waduk Bendo. Aksi ini dilakukan warga di depan kantor Pemkab Ponorogo, Jalan Alun-Alun Utara.

Mereka tampak membawa poster berupa tuntutan.Koordinator aksi, Didik Suwignyo mengatakan ada 89 KK terdampak pembangunan Waduk Bendo.

"Kami tidak menuntut apa-apa, hanya hak kami harusnya dipenuhi. Masyarakat menuntut hak kami dipenuhi," tutur Didik saat ditemui di lokasi, Senin (12/3/2018).

Pasalnya, Didik menilai hak warga dirampas dan belum jelas kapan dilakukan ganti rugi. Hak warga itu berupa tanah garapan, lahan pekarangan dan rumah milik warga. Bahkan pembangunan rumah baru bagi 89 KK itu dinilai hanya bonus saja.

"Kami pun menempati rumah baru belum ada sertifikat, rumah kami yang asli pun sudah dirobohkan, kami bahkan sudah sepakat menarik kembali berita acara penyerahterimaan rumah," jelas Didik.

Didik menjelaskan sebelumnya warga meminta ganti rugi atas tanah dan sawah milik warga senilai dua kali lipat harga normal. Namun pemerintah tidak menyanggupi. Akhirnya dibangunkan 89 unit rumah type 48 yang saat ini sudah ditempati warga.

"Kami bahkan rela jika harus tinggal di rumah kami yang sudah ambrol dengan mendirikan tenda sampai tuntutan kami dipenuhi," pungkasnya.

Sementara aksi ini berlangsung tertib. Polisi juga tampak berjaga di lokasi. (fat/fat)