DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 16:00 WIB

Dikunjungi Delegasi IMF-Bank Dunia, Kapolda Jatim: Banyuwangi Aman

Ardian Fanani - detikNews
Dikunjungi Delegasi IMF-Bank Dunia, Kapolda Jatim: Banyuwangi Aman Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, menyebut Banyuwangi layak dikunjungi delegasi IMF/World Bank yang digelar sekitar Oktober 2018 mendatang, di Bali. Selain sebagai destinasi wisata baru, daerah berjuluk The Sunrise of Java ini juga aman dikunjungi.

"Banyuwangi tidak kalah dengan Bali. Contohnya kayak gini, sederhana tapi memikat. Makanannya enak itu yang harus dipertahankan warga Banyuwangi. Harus welcometerhadap terhadap wisatawan, terutama layanan," kata Jenderal bintang dua di Pondok Indah, Glagah, Minggu (11/3/2018).

Pemerintah pusat telah melakukan survei untuk pengembangan infrastruktur destinasi wisata dan termasuk Bandar Udara Banyuwangi di Blimbingsari. Sehingga saat pertemuan IMF nanti dapat mendukung selain Bali karena lokasinya yang berdekatan.

"Sarana transportasi umum nyaman itu penting, aman juga penting. Mudah-mudahan Banyuwangi tambah menggeliat," harapan kapolda.

Kuliner khas Bumi Blambangan sangat variatif dan enak. Jenderal Machfud Arifin sempat menikmati tahu walik yang digoreng kering. Nasi bakar bahkan sempat menggoyang lidahnya. Pepes Sidat atau Oling yang dihidangkan Pondok Indah juga luar biasa.

"Anak buah saya tadi habis dua bungkus. Kamu ini lapar apa suka," lontarnya berkelakar yang disambut tawa awak media.

Sebelumnya, Panitia Besar pertemuan IMF/World Bank dari Kemenko Maritim telah melakukan survei ke sejumlah lokasi wisata yang ada di Banyuwangi pada Februari 2018 lalu. Informasinya para peserta pertemuan IMF akan diajak plesiran ke ujung timur Tanah Jawa.

Lokasi yang hendak didatangi antara lain Kawah Ijen, Bangsring Under Water dan Taman Nasional Alas Baluran. Nama Grand New Watudodol (GWD) bahkan masuk dalam survei. Menurut rencana, para peserta juga akan menikmati hidangan khas warga Banyuwangi.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayani dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo telah melakukan survei langsung beberapa waktu lalu. Lokasi yang didatangi adalah Kawah Ijen di Kecamatan Licin. Di sini, keduanya menyempatkan diri membuat flog tentang pesona Kawah Ijen yang tiada duanya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed