DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 20:37 WIB

Nama Jalan di Surabaya akan Diubah, Sejumlah Warga Justru Belum Tahu

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Nama Jalan di Surabaya akan Diubah, Sejumlah Warga Justru Belum Tahu Foto: Deni Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya - Pemprov Jatim berencana mengubah dua nama Jalan di Surabaya, yakni Jalan Dinoyo menjadi Pasundan dan Jalan Gunung Sari menjadi Siliwangi. Namun, rencana itu sepertinya kurang disosialisasikan karena beberapa warga mengaku ada yang belum tahu.

"Saya bahkan tidak tahu apa-apa soal nama jalan yang mau diubah ini," ujar Ahmad, salah satu warga ketika ditemui detikcom di Jalan Raya Dinoyo, Jumat (9/3/2018).

Ahmad mengatakan selama ini dia tidak pernah mendengar wacana diubahnya nama jalan ini. Bahkan, ketika diberi tahu bahwa rencana itu akan dilakukan, Ahmad bahkan tidak percaya.


"Ah yang benar? Enggak diganti kayaknya, ada-ada saja," kata Ahmad tidak percaya.

Senada dengan Ahmad, ada pula Istiana yang juga mengaku tidak tahu-menahu jika nama Jalan Dinoyo akan diubah. Dia justru baru mengetahui informasi ini. Istiana memang bukan warga asli Dinoyo, namun setelah menikah, dia telah tinggal di kampung Dinoyo Tenun kurang lebih 40 tahun.

"Saya tidak tahu informasi ini, tapi ya kami rakyat kecil ikut aja apa mau pemerintah," ujar wanita kelahiran 1959 ini.


Berbeda dengan Istiana, Petrus Saduk mengatakan baru mengetahui informasi ini saat dirinya mendengarkan siaran radio. "Oh iya saya tahu informasi ini dari radio waktu naik taksi," ujar warga Dinoyo Gang 9 ini.

Ketika ditanya mengenai tanggapannya, Petrus mengaku setuju saja karena pemberian nama jalan merupakan wewenang pemerintah. Namun ia mengingatkan untuk mempertimbangkan sejarah dari Dinoyo. Karena menurutnya, nama Dinoyo bukan hanya sekadar nama, tapi identitas jalan sejak zaman dulu.

Kendati demikian, jika kabar akan diubahnya nama Jalan Dinoyo itu benar, Petrus berharap pemerintah bisa melakukan sosialisasi agar warga tidak bingung.

"Menurut saya warga juga berhak tahu," ujar Petrus.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed