DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 09:59 WIB

Unggah Gambar Orang Kencingi Merah Putih, Pemuda Ini Diamankan Polisi

Yakub Mulyono - detikNews
Unggah Gambar Orang Kencingi Merah Putih, Pemuda Ini Diamankan Polisi Foto: Istimewa
Jember - Seorang pemuda warga Desa Sukoreno, Kecamatan Umbulsari, diamankan Polres Jember diduga melecehkan bendera negara. Pemuda tersebut dalam akun FB-nya mengunggah karikatur seseorang yang mengencingi bendera merah putih.

"Sudah kita amankan dan sekarang dan masih diperiksa satreskrim," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Jumat (9/3/2018).

Pemuda berinisial NH (21) ini, lanjut Kusworo, telah mengunggah di akun FB bernama Habib Newport sebuah gambar seseorang yang sedang mengencingi gambar diduga bendera merah putih.

Unggah Gambar Orang Kencingi Merah Putih, Pemuda Ini Diamankan PolisiFoto: Istimewa

Dalam unggahan tersebut, di akun FB-nya dia memberi keterangan,"Indonesia kok gae tukaran ae...diuyuh i ae (Indonesia kok dibuat pertengkaran saja...dikencingi saja)." Postingan itu, oleh NH diunggah di grup FB Suporter Aremania Aremania vs Bonek Bonita.

"Yang bersangkutan kita periksa karena mengunggah di FB gambar diduga bendera merah putih yang dikencingi," kata Kusworo.


Polisi, lanjut Kusworo, bergerak cepat dalam menanggapi situasi tersebut. "Pertama adalah mengamankan yang bersangkutan, jangan sampai dia menjadi korban persekusi atau intimidasi dari pihak yang tidak terima," kata Kusworo.

Di sisi lain, polisi juga melakukan pemeriksaan terkait unsur pasal yang bisa menjerat yang bersangkutan. "Namun kita masih akan berkonsultasi dengan ahli pidana dan kemenkominfo. Ini masih kita lakukan koordinasi," kata Kusworo.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed