DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 19:31 WIB

Cegah Kepadatan Arus Mudik, Kemenhub Minta Libur Sekolah Dimajukan

Zaenal Effendi - detikNews
Cegah Kepadatan Arus Mudik, Kemenhub Minta Libur Sekolah Dimajukan Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Surabaya - Kementerian Perhubungan akan berkirim surat ke Kementerian Pendidikan agar libur lebaran bagi anak sekolah dimajukan. Tujuannya, agar dapat mengurangi kepadatan saat arus mudik.

"Kami ingin memanage, kami akan kirim surat agar anak-anak seminggu sebelumnya sudah pulang dan yang kerja H-3 sehingga ada manajemen waktu," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Surabaya, Kamis (8/3/2018).

Budi mengatakan pihaknya akan mengundang seluruh stake holder untuk membahas arus mudik dan angkutan lebaran 2018.

"Untuk angkutan lebaran, kami akan undang semua stake holder. Yang jadi perhatian adalah udara lebih banyak mengatur jam operasi, kereta api dengan waktu tertentu. Yang sedikit komplikasi adalah darat, karena masyarakat ingin pulang dengan enjoy sambil mengendarai mobil sendiri," ungkap Budi.

Budi mengaku akan berupaya keras agar dalam arus mudik 2018 tidak ada yang melakukan perjalanan dengan motor. "Kami berupaya sekeras mungkin kalau mudik jangan pakai motor makanya kami bikin mudik gratis banyak sekali," ujar Budi.

Khusus untuk mudik gratis melalui laut, pihaknya akan kerahkan 10 kapal. Sedangkan darat pihaknya akan memaksimalkan pembangunan tol Jakarta-Surabaya.

"Kalau kapal pakai 10 kapal, kalau rute yang favorit adalah tol Jakarta-Surabaya bisa dilewati," pungkas dia.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed