detikNews
Selasa 06 Maret 2018, 19:36 WIB

Begini Kronologi Sopir Pertamina 'Kencing' di SPBU Gondanglegi

Muhammad Aminudin - detikNews
Begini Kronologi Sopir Pertamina Kencing di SPBU Gondanglegi Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Truk tangki Pertamina yang diduga menyalahgunakan distribusi BBM tengah diselidiki Polres Malang. Bagaimana kasus ini bisa terungkap, berikut kronologisnya.

Truk Nopol L 9638 UP, belum diketahui identitas pengemudinya ini, memiliki jadwal pengiriman BBM jenis Pertalite ke SPBU di wilayah Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Sabtu (2/3/2018).

Namun ditengah perjalanan, sopir truk membawa 8 ribu liter BBM tersebut, justru berbelok menuju SPBU di wilayah Gondanglegi, Kabupaten Malang. Di SPBU satu-satunya di Kecamatan Gondanglegi, itu, sopir truk diduga mendistribusikan BBM (kencing) hingga terendus petugas dan diamankan.

Patria Niaga partner kerja Pertamina dalam distribusi BBM mengakui adanya dugaan penyalahgunaan oleh oknum sopir tersebut.

Humas Patria Niaga Rudi Permana, menyebut, kasus sudah ditangani oleh polisi dan pihaknya telah menerima berita acaranya. "Sudah kami terima berita acaranya, memang ada kasus itu," tegas Rudi saat dikonfirmasi detikcom melalui telpon, Selasa (6/3/2018).

Rudi mengungkapkan, jika truk pembawa BBM ketika meninggalkan depo pengisian sudah teraktivasi dengan GPS. Durasi waktu juga ditentukan selama menuju hingga sampai ke tempat tujuan.

"Ada GPS-nya, ada survelen, ada durasi waktu sudah dihitung dengan kondisi jalan. Jadi akan mudah terungkap ketika menyalahinya," beber Rudi.

Ketika truk berbelok menuju SPBU Gondanglegi, kata dia, pastinya GPS bisa memonitor dan diduga ada penyalahgunaan. "Hingga ditangani oleh polisi," sambungnya.

Dia tak begitu tahu, berapa jumlah BBM yang dikuras di SPBU Gondanglegi dari kapasitas truk yakni 8 ribu liter. "Harus lihat berita acaranya dulu, tinggal berapa kapasitas dari tangki," bebernya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com