DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 21:09 WIB

Pilgub Jatim 2018

Tradisi Petik Laut di Sumenep, Khofifah Ngevlog dan Bicara Wisata

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Tradisi Petik Laut di Sumenep, Khofifah Ngevlog dan Bicara Wisata Foto: Istimewa
Pamekasan - Khofifah Indar Parawansa ke Kaduara Timur, Pragaan, Sumenep, Senin (5/3/2018). Dia memenuhi undangan nelayan dalam acara petik laut. Cagub Jatim nomor urut 1 itu videoblog menayangkan tradisi nelayan tersebut.

Khofifah bersama masyarakat melarung ke tengah laut mengelilingi laut Madura Selatan. Tampak dalam ritual tersebut sejumlah kapal yang dihias. Dalam prosesi itu, Khofifah mengambil video untuk blog.


Di dermaga, masyarakat menyemut. Mereka mengangkat jari telunjuk tanda dukungan ke Khofifah.

"Ini perahunya dicat sendiri, dihias sendiri. Bayangan saya untuk agenda larung, petik laut rasanya perahu-perahu ini akan menjaddi referensi pariwisata Jawa Timur yang luar biasa," kata Khofifah.


"Kita bisa bayangkan kalau misalnya satu perahu ditawarkan untuk rombongan. Karena dengan pulau terdekat sangat memungkinkan untuk destinasi kuliner dengan destinasi wisata. Bagaimana kita memaksimalkan potensi laut, potensi nelayan dan pelahu nelayan menjadi destinasi wisata yang sangat menakjubkan," tambah Khofifah.

Khofifah ingin menciptakan wisata dengan melestarikan kebudayan dan lingkungan hidup di 51 titik potensi pariwisata Jawa Timur. Komitmen tersebut tertuang visi misinya. Yakni terkait wisata, Khofifah dan pasangannya memaksimalkan potensi wisata dengan menjaga harmoni sosial dan alam.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed