3 Penyebar Hoax Penyerangan Kiai Berafiliasi ke Muslim Cyber Army

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 16:45 WIB
Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Surabaya - Polda Jatim mengamankan 4 orang terkait hoax isu PKI dan penyerangan kiai. Dua lainnya di Malag dan Sidoarjo. Dari 6 orang tersebut, tiga di antaranya diketahui berafiliasi dengan Muslim Cyber Army (MCA).

"Iya, mereka berafiliasi dengan MCA. Sementara yang lain tidak saling kenal," ujar Kabid Humas Polda Kombes Pol Frans Barung Mangera di Kantor Humas Polda Jatim di Jalan A Yani Surabaya, Jumat (2/3/2018).

Tiga orang yang berafiliasi dengan MCA adalah Muhammad Faisal Arifin yang saat ini ditahan di Polda Jatim. Dua lainnya berinisial JZR dari Malang dan ER dari Sidoarjo yang masing-masing diamankan di polres setempat.

Baca juga: Salah Satu Penyebar Hoax Penyerangan Kiai Adalah Guru

Polisi mengaku telah mengintai akun-akun ujaran kebencian sejak lama. "Mereka punya komunitas, berproses sudah lama. Kita melihat barang bukti materiil yang kontennya SARA," kata Barung.

Barang bukti kasus ini di antaranya postingan pelaku di laman Facebook yang berisi berita bohong. Postingan ini mirisnya telah dibagikan ribuan akun lainnya.

Melihat hal ini, polisi berjanji akan mencari pelaku penyebar hoax lainnya. "Jika ketemu, kita langsung laksanakan kegiatan penindakan," tambah Barung.

Baca juga: Polisi Tangkap 4 Penyebar Hoax Isu Penyerangan Kiai

Sementara itu, semua pelaku memiliki modus yang sama, yakni menyebarkan ujaran kebencian, isu SARA, hingga berita bohong. Misalnya postingan tentang isu penyerangan ulama oleh PKI yang menyamar orang gila.

Polisi mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah membagikan informasi yang belum jelas. Karena, jika informasi tersebut merupakan hoax, maka pelaku penyebaran tetap saja akan dijerat pelanggaran UU ITE. (trw/trw)