DetikNews
Jumat 02 Maret 2018, 16:28 WIB

Menko Maritim, Menkeu dan Gubernur BI Naik ke Kawah Ijen

Ardian Fanani - detikNews
Menko Maritim, Menkeu dan Gubernur BI Naik ke Kawah Ijen Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Persiapan sebagai penyangga Bali dalam acara Annual Meeting IMF-Bank Dunia pada Oktober 2018 ini, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengunjungi beberapa destinasi wisata di Banyuwangi, Jumat (2/3/2018).

Luhut beserta rombongan naik ke Kawah Ijen. Kunjungan ke Kawah Ijen itu dilakukan sebagai survei awal dari Panitia Nasional Annual Meeting IMF-Bank Dunia, sebagai kesiapan dari tuan rumah menjamu sekitar 18.000 delegasi seluruh dunia, yang akan berwisata pasca kegiatan seminggu yang digelar di Bali.

[Gambas:Video 20detik]


Banyuwangi sebagai penyangga wisata mengunggulkan Kawah Ijen, sebagai salah satu destinasi wisata yang bakal dikunjungi.

"Kita naik ke Ijen. Kita pantau kesiapan langsung destinasi wisata itu. Apa saja yang perlu kita persiapkan sebelum para delegasi itu berlibur," ujar Menko Maritim Luhut Panjaitan, kepada detikcom, Jumat (2/3/2018).

Sebelumnya, Luhut bersama dengan Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Agus Martowardojo menggelar rapat tertutup bersama dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di Pendopo Shaba Swagata. Rapat tersebut menghasilkan keputusan akan ada percepatan pembangunan beberapa fasilitas penunjang ke beberapa destinasi wisata di Banyuwangi.

"Ada sekitar 7 sampai 8 item yang sempat terpending yang harus segera kita tuntaskan. Antara lain BTS seluler, Cable Car, toilet dan jalan. Kita akan buat Banyuwangi tambah hebat," tambah Luhut.

"Selanjutnya kita akan rapat di Jakarta Selasa depan untuk eksekusi permasalahan itu," tambahnya.

Luhut belum bisa memastikan berapa anggaran yang akan digelontorkan dalam penyediaan fasilitas yang diperlukan di beberapa destinasi wisata di Banyuwangi tersebut. Namun dirinya menargetkan seluruh pembangunan dan kelengkapan fasilitas tersebut rampung pada akhir Agustus ini.

"Ya ini kita tinjau dan nantinya kita hitung berapa yang dibutuhkan," tambahnya.

Sementara sebelum naik ke Kawah Ijen, rombongan Menko Maritim, Menkeu dan Gubernur BI di jamu di Sanggar Genjah Arum, Desa Kemiren Kecamatan Glagah. Di sana mereka menikmati suguhan kopi khas Banyuwangi dan jajanan tradisional.

Tak hanya itu, beberapa tarian Gandrung, Jaran Goyang dan kesenian Barong Kemiren juga menghibur mereka, sambil menunggu waktu berangkat ke Ijen. Tak hanya itu, ketiga tokoh tersebut juga mencoba menyangrai kopi secara tradisional.

"Saya merasa terhormat di sini. Sangat bagus kesenian, tradisi budaya dan kopi di sini. Tentunya ini akan menjadi daya tarik delegasi untuk datang ke Banyuwangi," ujar Sri Mulyani saat didapuk menjadi juru bicara rombongan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed