Begini Tips dari Pakar untuk Memenuhi Gizi Harian Anak

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 27 Feb 2018 14:35 WIB
Foto: Ari Saputra
Surabaya - Tak ada yang lebih penting bagi masa depan anak selain pendidikan, tetapi ini juga harus diimbangi dengan pemberian nutrisi. Bahkan dokter mengungkapkan, pemberian nutrisi di masa sekolah adalah yang terpenting.

Dengan pemberian nutrisi yang baik, maka kecerdasan anak juga akan meningkat. Lantas nutrisi seperti apa yang dibutuhkan?

"Anak usia sekolah dasar membutuhkan kebaikan gizi dari vitamin dan mineral seperti zink, zat besi, untuk mendukung banyaknya aktivitas mereka," ujar pakar nutrisi dan pemerhati gaya hidup, Dr Grace Judio-Kahl di Noach Cafe, Surabaya baru-baru ini.

Asupan ini bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan seperti hati sapi, hati ayam hingga bayam. dr Grace menambahkan, bahan-bahan makanan ini juga tinggi akan asam folat yang dibutuhkan anak.

Tak hanya itu, menurut dr Grace, konsumsi daging sapi juga penting. "Namun usahakan memilih daging yang berwarna merah karena kandungannya lebih baik," lanjutnya.

Sebagai patokan, makanan-makanan ini dapat disajikan dengan cara membagi piring menjadi tiga. Bagian pertama untuk karbohidrat seperti nasi, kentang dan bihun. Bagian kedua untuk asupan protein seperti ikan, ayam dan daging.

"Lalu yang juga penting, perhatikan di bagian ketiga ini memenuhi asupan vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah," kata Grace.

Vitamin dan mineral bisa diperoleh dari sayur yang lebih beragam dan berwarna-warni. Misalnya saja sayuran hijau seperti brokoli dapat ditambahkan dengan wortel yang mengandung vitamin A dan jeruk yang merupakan sumber vitamin C. (lll/iwd)