DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 17:02 WIB

Ortu Pemberi Rokok ke Bayi Sempat Diamankan Polisi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ortu Pemberi Rokok ke Bayi Sempat Diamankan Polisi Foto: Dok. Istimewa
Surabaya - Polisi mengambil langkah cepat atas beredarnya foto bayi diberi rokok. Berdasarkan penelusuran, hal itu terjadi di Bangkalan, Jawa Timur. Orangtua bayi sempat diamankan.

"Sudah kita amankan yang bersangkutan (orangtua bayi)," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera kepada detikcom, Jumat (23/2/2018).

Orangtua bayi diketahui pria berinisial M (36), istrinya berinisial U (18), warga Desa Tlomar, Kecamatan Tanah Merah. Pasutri ini membiarkan rokok menyala di mulut bayinya yang berusia 9 bulan. Hal itu dilakukan pada Sabtu (17/2) malam.

Barung menjelaskan kasus itu ditangani Polres Bangkalan. M dan U diamankan pada Selasa (20/2). "Dilepas setelah interogasi. Juga diberi peringatan agar tak mengulangi," jelas Barung.

Baca juga: Foto Bayi Diberi Rokok, Polisi: Itu di Bangkalan, Pelakunya Ortu

Foto M memberi rokok pada bayi ramai di media sosial. Sempat ada komentar bahwa benda yang menyala di mulut bayi hanya mainan. Namun berdasarkan penyelidikan polisi, itu rokok sungguhan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) geram atas kejadian itu. Orangtua harus memberikan pengasuhan yang berkualitas kepada anak. Anak bukan untuk main-main karena punya harkat dan martabat. Anak juga belajar dari kebiasaan orangtua.

"Anak usia balita itu treatment-nya masih sangat tergantung pada orang tua. Itu akan jadi kebiasaan pada diri anak. Itu kan menanamkan kebiasaan, tentu hal ini perlakuan yang salah kepada anak," kata komisioner Bidang Pengasuhan KPAI Rita Pranawati, Rabu (21/2/2018).
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed