DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 17:56 WIB

Meski Sebatang Kara, Semangat Belajar Eka Tetap Tinggi

Eko Sudjarwo - detikNews
Meski Sebatang Kara, Semangat Belajar Eka Tetap Tinggi Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Meski hidup sebatang kara dan menumpang di rumah Budhenya, Revanius Eka membuktikan bahwa semangat belajarnya tak pudar. Hal ini juga diakui oleh guru-gurunya di SD Muhammadiyah 1 Babat.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Babat, Hj. Kurnia Rahmawati mengatakan, kendati baru duduk di bangku kelas 1, Eka sudah menunjukkan grafik belajar yang baik.

"Kalau semester awal kemarin, mungkin karena baru sehingga belum nampak, tapi sekarang alhamdulillah perkembangannya sudah bagus," tutur Kurnia kepada detikcom, Kamis (22/2/2018).

Kurnia juga membenarkan jika bocah yang duduk di bangku paling depan di kelas 1A itu adalah anak yatim. Selain yatim, lanjut Kurnia, Eka juga kehilangan kontak sang ibu, bahkan sejak Eka belum masuk ke sekolahnya. "Informasi yang masuk ke sekolah, Eka sekarang tinggal bersama Budhenya," ungkapnya.

Beruntung selama mengenyam pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Babat, lanjut Kurnia, Eka sudah mendapatkan keringanan biaya. Sedangkan untuk tambahan biaya pendidikan lainnya, ada donatur yang juga wali murid SD Muhammadiyah 1 Babat, yang menutup biaya tersebut.

"Kalau untuk BSM (Beasiswa Siswa Miskin, red), Eka memang belum mendapatkannya," ujar Kurnia.
Sriani (Foto: Eko Sudjarwo)Sriani (Foto: Eko Sudjarwo) Foto: Eko Sudjarwo

Sementara itu, Budhe Eka, Sriani menuturkan, meski sebatang kara namun ia memperlakukan Eka layaknya anaknya sendiri.

"Saya hanya ingin tahu kabar adik saya yang katanya merantau," kata Sriani yang mengaku merawat Eka karena mendapat wasiat dari orang tuanya ini.

Saat masih tinggal bersama ibu Sriani atau nenek Eka, Sriani juga mengaku ialah yang setiap hari mengirim makanan untuk orangtua dan keponakannya itu. "Sehari-hari Eka juga bermain dengan anak saya yang usianya lebih muda dari Eka," tutup Sriani.

[Gambas:Video 20detik]


(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed