DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 13:51 WIB

Ribuan Siswa SMP di Kabupaten Blitar Tidak Bisa Ikuti UNBK

Erliana Riady - detikNews
Ribuan Siswa SMP di Kabupaten Blitar Tidak Bisa Ikuti UNBK Foto: Erliana Riady
Blitar - Sebanyak 3.373 siswa SMP di Kabupaten Blitar tidak bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), April mendatang.

Selain sarana yang belum memadai, faktor letak sekolah tidak memungkinkan mereka untuk bergabung dengan sekolah lain yang telah punya fasilitas lengkap untuk mengikuti UNBK.

Mereka juga terkendala transportasi untuk menjangkau sekolah lain saat pelaksanaan UNBK 2018 nanti. Hal ini terlepas dari kewenangan yang diberikan pemerintah untuk lembaga sekolah yang belum mandiri atau belum memiliki sarana prasana agar bisa bergabung dengan lembaga sekolah lain.

"Jarak terdekat dengan sekolah yang punya fasilitas untuk UNBK itu sekitar 20 km. Sementara tidak ada transportasi umum yang menunjang. Akan banyak resiko keamanan, jika kita paksakan pelaksanaan UNBK bagi para siswa," kata Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Sugito, saat ditemui detikcom di kantornya, Kamis (22/2/2018).

Solusi terbaik yang bisa dilakukan sekarang, lanjutnya, adalah dengan tetap memakai sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Dari data yang terangkum di Dindik Kabupaten Blitar, jumlah siswa yang mengikuti UNKP ini hanya 30 persen dibanding jumlah siswa yang mengikuti UNBK, yakni sebanyak 7.226 siswa.

"30 persen ini menyebar di lima kecamatan, yakni di Kecamatan Wates, Bakung, Gandusari, Kademangan dan Binangun," bebernya.

Mereka berasal dari 54 lembaga sekolah setingkat SMP/MTS, baik negeri atau swasta. Sedangkan dari catatannya, terdapat 49 lembaga pendidikan di Kabupaten Blitar yang telah mampu melaksanakan UNBK: 21 lembaga mampu secara mandiri melaksanakan UNBK dan 28 lembaga pendidikan masih harus bergabung dengan sekolah lainnya.

"Walaupun hanya 30% jumlah siswa yang belum bisa mengikuti UNBK tahun ini, namun ini pekerjaan rumah yang harus kami carikan solusinya. Jadi tahun depan semua siswa SMP di Kabupaten Blitar bisa semuanya mengikuti UNBK," pungkasnya.
(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed