DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 19:35 WIB

Perjuangan Petugas Bujuk Orgil di Pasuruan agar Mau Diamankan

Muhajir Arifin - detikNews
Perjuangan Petugas Bujuk Orgil di Pasuruan agar Mau Diamankan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Satpol PP dan Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan melakukan razia orang gila (orgil) untuk mengantisipasi maraknya isu orgil yang meresahkan masyarakat.

"Razia kami gelar dalam rangka menjaga ketertiban umum sekaligus antisipasi maraknya isu mengaku orgil," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Rabu (21/2/2018).

Razia digelar di 8 titik di Kecamatan Nguling, Grati, Rejoso, Wonorejo, Purwosari, Pandaan, Gempol dan Bangil. Dari razia tersebut, petugas berhasil mengamankan 6 orgil.
Perjuangan Petugas Bujuk Orgil di Pasuruan agar Mau DiamankanFoto: Muhajir Arifin

"Selain orgil petugas juga mengamankan 15 anak jalanan dan 14 pengemis," terangnya.

Yudha mengungkapkan dalam razia tersebut, petugas sempat menemui kesulitan sebab di antara mereka ada yang lari sehingga harus dikejar dan sebagian lainnya tidak mau diajak naik ke mobil. "Bahkan petugas harus menggendong mereka," imbuh Yudha.

Meski menghadapi orgil, Yudha mengungkapkan anggotanya tidak bertindak sewenang-wenang. Semua orgil yang mereka amankan diperlakukan dengan baik.

"Kami tetap mengedepankan kemanusiaannya. Kami bujuk mereka dengan baik," ungkap Yudha.

Orgil, anak jalanan dan pengemis tersebut kemudian dibawa ke Dinas Sosial setempat. Untuk anak jalanan dan pengemis diberi pembinaan, sementara orgil dirawat dan dibersihkan.
Perjuangan Petugas Bujuk Orgil di Pasuruan agar Mau DiamankanFoto: Muhajir Arifin

(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed