DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 19:03 WIB

Pasca Insiden Paciran, Petugas Gabungan Razia Orgil

Eko Sudjarwo - detikNews
Pasca Insiden Paciran, Petugas Gabungan Razia Orgil Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Tak ingin kejadian di Paciran terulang, petugas gabungan menggelar razia orang gila (orgil) di sejumlah titik di Lamongan, Rabu (21/2). Meski digelar secara dadakan, razia ini berhasil mengamankan sejumlah orgil yang ada di kota Lamongan.

Informasi yang dihimpun detikcom menyebutkan, dalam razia orgil yang digelar oleh tim gabungan dari kepolisian dan petugas Satpol PP Lamongan ini, petugas mendatangi sejumlah titik yang biasanya didatangi oleh orgil.

Beberapa titik tersebut di antaranya adalah Pasar Sidoharjo, Pasar Baru Lamongan dan di jalan raya.

Dari razia tersebut, tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah orgil. Sayangnya, petugas juga sempat kehilangan jejak karena salah satu orgil melarikan diri saat akan ditangkap.
Pasca Insiden Paciran, Petugas Gabungan Razia OrgilFoto: Eko Sudjarwo

Kasubag Humas Polres Lamongan, AKP Sunaryono kepada wartawan mengatakan, razia orgil ini memang sengaja dilakukan agar peristiwa penyerangan terhadap salah seorang kyai seperti yang terjadi di Paciran tidak terulang lagi.

Selain itu, lanjut Sunaryono, razia orgil ini merupakan perintah dari atasan mereka, yaitu Kapolda Jatim.

"Razia ini kami lakukan untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang," tegas Sunaryono usai razia di Mapolres Lamongan, Rabu (21/2/2018).

Setelah diamankan, pihaknya membawa orgil-orgil tersebut ke Dinas Sosial setempat.

Ada pemandangan menarik saat petugas gabungan melakukan razia terhadap orgil di Lamongan. Petugas gabungan harus merayu orgil agar mau untuk dibawa oleh petugas.

Bahkan ada juga petugas yang terpaksa harus berlarian untuk mengejar orgil karena tidak mau dirazia atau didekati oleh orang tak dikenal.


(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed