DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 18:47 WIB

Merebak Isu Penyerangan, Wakil Rais Aam PBNU Imbau Kiai Tenang

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Merebak Isu Penyerangan, Wakil Rais Aam PBNU Imbau Kiai Tenang Wakil Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Miftahul Akhyar minta kiai untuk tetap tenang. Dia mengatakan jika kiai bisa tenang menanggapi hal ini, maka akan mencipta ketenangan pada masyarakat pula.

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Jannah ini juga menganggap, ketenangan kiai akan mendinginkan santri dan meredam semua isu. Dia juga merasa selama ini keadaan di Jawa Timur masih kondusif dan aman.

"Buktinya para kiai tadi datang kesini aman aman saja kan," kata KH Miftahul Akhyar usai acara silaturahmi bersama Wakapolri Komjen M. Syafruddin di Masjid Arif Nurul Huda Kompleks Mapolda Jatim, Rabu (21/2/2018).

Kendati banyak isu tidak benar yang menyebar di media sosial, KH Miftahul menyerahkan seluruh penyidikan kepada pihak kepolisian.

"Itu semua kita serahkan pada petugas. Kita ingin tahu hasilnya, kita minta pada aparat untuk menelusuri bagaimana penyebaran isu tersebut bisa terjadi," ujarnya.

Bagi KH Miftahul, kejadian penyerangan kiai yang terjadi di Lamongan dan Tuban merupakan risiko yang bisa saja dialami oleh kiai dimanapun. Namun, untuk perlindungan kiai yang didapat dari santri, dia mengaku hal tersebut sudah wajar terjadi.

"Biasa lah santri mengamankan kiainya, walaupun sebenarnya kiainya sendiri tidak ada masalah," tambah KH Miftahul.

Sementara itu, KH Miftahul pun mengimbau semua pihak untuk tabayyun dan tidak mudah percaya apalagi menebar kabar bohong secara sembarangan.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed