DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 17:28 WIB

Pilgub Jatim 2018

Tebar Pesona di Pasar, Pengamat: Cara 2 Cawagub Dokrak Popularitas

Muhammad Aminudin - detikNews
Tebar Pesona di Pasar, Pengamat: Cara 2 Cawagub Dokrak Popularitas Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Dua calon wakil gubernur Jatim hari ini sama-sama tebar pesona di pasar yang ada di Malang. Pengamat politik menganggap itu bagian dari strategi mendongkrak popularitas.

Di Malang, kedua calon wakil gubenur memilih melakukan pendekatan ke masyarakat di pasar yang berbeda. Puti Guntur Soekarno datang ke Pasar Oro-Oro Dowo, sedangkan Emil Elestianto Dardak memilih Pasar Lawang dan Pasar Besar.

Pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari, melihat pemilihan pasar, merupakan bagian dari strategi mendongkrak popularitas para Cawagub. Sebagai pendamping Calon Guburnur, setidaknya bisa menaikkan kepopuleran mereka.

"Nah, Pasar selama ini dikenal dengan tempatnya beragam masyarakat. Pemilihan yang tepat, dimana, bisa berinteraksi langsung dengan rakyat," ujar Wawan saat berbincang dengan detikcom, Selasa (20/2/2018).

Dikatakan juga, pasar juga identik dengan rakyat. Hasil survei banyak mengatakan, bahwa pencalonan akan memperoleh hasil terbaik, jika dekat dengan rakyat.

"Dengan begitu, pasar menjadi pilihan untuk mendekatkan diri dengan rakyat," bebernya.

Waktu juga menjadi penentuan. Agar ketika bertandang, pasar dalam kondisi ramai pengunjung dan pedagang.

"Disana calon bisa berinteraksi, dengan berbincang-bincang, membeli, bertemu dengan beragam macam orang. Jelas ini sebuah keuntungan bila akan maju dalam Pilkada," tegas Wawan.

Bukan hanya Cawagub di Pilgub Jatim yang memilih blusukan di pasar tradisional. Paslon Wali Kota Malang 2018 Moch Anton-Syamsul Mahmud, juga memilih berkampanye di pasar saat hari pertama dan hari berikutnya. Hal yang sama juga dilakukan Ananda Yaqud Gudban-Wanedi, paslon lain.

"Bila mampu berinteraksi langsung, maka bisa dikatakan dekat dengan rakyat. Dan itu menjadi kunci utama pemenangan," ungkap Dosen Studi Ilmu Politik FISIP Universitas Brawijaya ini.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed