Imbauan Taman Nasional Semeru setelah Black Panther Muncul di Hutan

M Aminudin - detikNews
Selasa, 20 Feb 2018 15:49 WIB
Foto: Dok Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Malang - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mendapatkan gambar keberadaan macan kumbang (black panther) dan macan tutul di kawasan taman nasional. Agar populasi kedua satwa itu terjaga BB TNBTS sebagai pengelola mengeluarkan imbauan.

"Kita minta masyarakat membantu menjaga habitat satwa tersebut. Melestarikan dan populasi macan kumbang dan tutul adalah penting untuk menghindari kepunahan," terang Pengendali Ekosistem BB TNBTS Agus Siswoyo kepada detikcom, Selasa (20/2/2018).

Ditambahkan, masyarakat yang berkegiatan di dalam taman nasional diimbau dengan tidak banyak menebang pohon atau berkegiatan di dalam hutan seperti mencari jamur, pakis atau rebung.

"Diharapkan tidak melakukan perburuan satwa yang menjadi mangsa macan tutul dan kumbang seperti kijang dan babi hutan," jelasnya.

Sekadar diketahui, 2 black panther terekam kamera di kawasan Senduro, Kabupaten Lumajang dan Jabung, Kabupaten Malang pada 20 Januari 2018. Selain itu, kamera lain juga menangkap gambar macan kumbang. (trw/trw)