DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 12:21 WIB

Tahun 2016, Black Panther Juga Terekam Kamera Taman Nasional Semeru

M Aminudin - detikNews
Tahun 2016, Black Panther Juga Terekam Kamera Taman Nasional Semeru Foto: Istimewa
Malang - Macan kumbang atau black panther tak hanya sekali terlihat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tahun 2016, karnivora langka itu terekam kamera melintas di hutan.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Besar TNBTS, Agung Siswoyo, kepada detikcom, Selasa (20/2/2018), menjelaskan sejak tahun 2016, 9 satwa buas tertangkap kamera yang dipasang di Kabupaten Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Terdiri dari 7 macan tutul dan 2 macan kumbang.

Menurut Agung, macan tutul dan macan kumbang termasuk satu spesies. Macan tutul berwarna oranye, sedangkan macan kumbang dominan warna hitam sehingga dikenal dengan sebutan black panther.

"Dilihat dari ukuran, macan kumbang yang terekam kamera kemungkinan berjenis kelamin jantan," kata Agung.

Keberadaan satwa tersebut dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya.

"Populasinya masih diidentifikasi," jelas Agung.

Macan tutul dan kumbang termasuk hewan penyendiri dan teritorial (hidup dalam kawasan tertentu). Mereka aktif berburu pada malam hari. Ditengarai lokasi penampakan keduanya di TNBTS yakni wilayah Jabung, Kabupaten Malang dan kawasan Senduro, Kabupaten Lumajang, hanya perlintasan.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed