DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 11:43 WIB

Ponpes Ploso Kediri Pastikan Tak Ada Teror, Situasi Kondusif

Andhika Dwi - detikNews
Ponpes Ploso Kediri Pastikan Tak Ada Teror, Situasi Kondusif Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri - Beredar kabar di media sosial dan pesan WhatsApp, ada teror ke santri dan pengasuh Ponpes Al Falah Ploso, Kecamatan Mojo, Kediri. Pihak ponpes membantah dan menyebutkan situasi kondusif.

"Kami mewakili pondok menyatakan bahwa kabar adanya teror dan 3 orang pria menggunakan senjata tajam kepada santri dan kiai pengasuh pondok tidak benar," kata Abid Umar (30) atau akrab disapa Gus Abid, cucu pengasuh ponpes KH Zainudin Jazuli, Selasa (20/2/2018).

"Itu hoax," tambahnya.

Soal pria tak dikenal diamankan di sekitar ponpes, Gus Abid membenarkan. Pria tersebut sudah diserahkan ke polisi.

"Kalau berita diamankannya pria tak dikenal oleh santri dan polisi, itu karena santri waspada dan khawatir. Kalau untuk teror, pihak pondok tidak menemukan bukti kuat mengarah ke hal tersebut," papar Gus Abid.

Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri, Munasir Huda yang berkunjung ke ponpes, menjelaskan kabar diamankannya seorang yang dicurigai akan berbuat jahat ke pengasuh ponpes beredar ke mana-mana dan dibumbui kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri Munasir HudaKetua GP Ansor Kabupaten Kediri Munasir Huda (Foto: Andhika Dwi/detikcom)

"Saya khawatir itu dimanfaatkan orang yang tak bertanggung jawab, makanya saya datang langsung mengecek," jelas Gus Huda, sapaan akrab Munasir Huda.

"Tidak benar kalau kondisi pondok mencekam usai diserang orang gila. Semuanya masih kondusif, polisi juga sedang mengamankan dan menyelidikinya," tambah Huda.

Sementara Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengaku masih memeriksa pria tak dikenal tersebut. "Dalam penyelidikan apa maksud dan tujuannya," jelas Anthon.

Anthon meminta masyarakat, santri dan kalangan pondok agar tidak terprovokasi dan mudah terpancing kabar di sosial media.

Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi (berkemeja kotak-kotak biru) Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi (berkemeja kotak-kotak biru) Foto: Andhika Dwi/detikcom

(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed