detikNews
Senin 19 Februari 2018, 14:01 WIB

Begini Ekspresi Siswa SD di Blitar Saat Diimunisasi Difteri

Erliana Riady - detikNews
Begini Ekspresi Siswa SD di Blitar Saat Diimunisasi Difteri Foto: Erliana Riady
Blitar - Sebanyak 352 siswa SDN Kanigoro 3 Kabupaten Blitar mendapatkan imunisasi difteri hari ini, Senin (19/2). Begini ekspresi mereka saat disuntik satu-persatu.

Dari pengamatan detikcom terlihat raut wajah para siswa yang nampak ketakutan dan tegang, bahkan sejak menunggu antrian. Tak sedikit siswa perempuan menggandeng temannya untuk menemani mereka maju ke depan kelas.

Awalnya petugas memanggil siswa satu-persatu ke depan kelas, kemudian suhu tubuh mereka diukur. Jika normal, siswa dipersilakan menuju meja selanjutnya. Di meja inilah mereka mendapatkan imunisasi difteri.
Begini Ekspresi Siswa SD di Blitar Saat Diimunisasi DifteriFoto: Erliana Riady

Di meja ini pulalah ekspresi wajah para wajah tergambar jelas. Ada yang merajuk tidak mau duduk, ada yang menangis sambil menarik tangan temannya. Tapi ada juga yang bertingkah jenaka, hingga membuat suasana yang tadinya terasa mencekam jadi mencair seketika.

Kendati demikian, suasana tegang itu mendadak lenyap seusai mereka disuntik petugas. Senyum langsung mengembang di wajah mereka. Bahkan sebagian siswa mengaku tidak merasa kesakitan saat jarum dimasukkan ke lengan kiri mereka.

"Pas mau disuntik takut sekali. Ternyata pas disuntik, malah gak terasa sama sekali," kata siswa kelas V A, Mega pada detikcom, Senin (19/2/2018).

Pengakuan serupa juga dialami Iqbal, siswa kelas V B. Bahkan dia memberikan semangat ke teman-teman sekelasnya sebelum petugas menyuntikkan imunisasi.

"Ayo cah, kita pasti bisa," teriak bocah itu lantang sambil mengepalkan tangan.

Rupanya, petugas punya trik tersendiri untuk menghilangkan rasa takut siswa, yaitu mengajak bicara siswa yang akan disuntik.

"Kami ajak ngobrol ini untuk mengalihkan perhatian mereka sebenarnya. Jadi fokus perhatiannya tidak tertuju ke jarum suntik, melainkan menjawab pertanyaan-pertanyaan kami," jelas petugas Puskesmas Kanigoro, Mamik Slamet.
Begini Ekspresi Siswa SD di Blitar Saat Diimunisasi DifteriFoto: Erliana Riady

Usai disuntik, setiap siswa mendapat tablet Paracetamol sebanyak 6 tablet. Petugas juga memberikan penjelasan dosis pemakaian obat tersebut.

"Untuk siswa kelas V dan VI, sehari tiga kali minum dengan dosis 500 mg. Tapi kalau untuk siswa kelas di bawahnya, dosisnya separuhnya," pungkasnya.
(lll/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com