DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 19:56 WIB

Marak Kasus Penculikan, Ini Tips Risma Soal Awasi Anak

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Marak Kasus Penculikan, Ini Tips Risma Soal Awasi Anak Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengingatkan orang tua lebih mengawasi anak-anaknya. Pasalnya, akhir-akhir ini marak kasus penculikan anak. Dia pun berpesan agar hal ini tidak dianggap sepele oleh masyarakat.

"Saya itu sampai ngeri, sekarang banyak penculikan anak. Saya mohon bapak dan ibu sekalian, tolong jangan dihiraukan dan disampaikan ke anggota keluarga yang lain," ujar Risma saat di Taman Bungkul, Minggu (18/2/2018).

Menilik hal ini, Risma memiliki beberapa tips yang bisa dilakukan para orang tua untuk melindungi anaknya.

Pertama, lanjut Risma, jika di rumah memiliki pagar, usahakan pagar selalu tertutup rapat. "Hal ini penting karena setiap pelaku penculikan berada di sekeliling kita, bahkan di depan rumah kita," kata Risma.

Selanjutnya, Risma juga mengimbau masyarakat untuk memantau kepulangan anak-anaknya dari sekolah. Hal ini bisa bisa dilakukan lewat gawai yang kini telah banyak dibawa murid SD dan SMP.

"Kalau jam pulang dia belum sampai di rumah, cepat telefon, tanyakan di mana posisinya dan sama siapa," ujar Risma.

Akhir-akhir ini tidak hanya sekedar penculikan. Tetapi pelaku juga menyakiti anak-anak, sehingga mengakibatkan trauma berkepanjangan yang akan mempengaruhi psikologi anak.

Tak hanya itu, kini banyak pula pelaku penculikan yang menggunakan berbagai kedok.

"Misalnya ketika di jalan, sepeda motor kita tiba-tiba ada yang nabrak, kan kita terjatuh, nah itu langsung lindungi anak kita," ungkap Risma.

Risma menyarankan, jangan sampai membiarkan ada orang lain yang membantu menyelamatkan dengan menggendong anak kita. Karena banyak kejadian anaknya yang langsung dibawa kabur.

Sementara saat sedang berjalan-jalan di luar rumah, usahakan selalu menggandeng atau menggendong anak. "Jangan sampai biarkan anak kita jalan sendirian, ini akan lebih memudahkan penculik," tambah Risma.

Bagi wali kota yang telah membangun banyak taman di Surabaya ini, menjaga anak-anak sama dengan menjaga titipan Tuhan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk lebih mengawasi kemana dan dengan siapa anak kita pergi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed