DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 10:59 WIB

Ini Cara Pemkot Blitar Rayakan Hari Kasih Sayang

Erliana Riady - detikNews
Ini Cara Pemkot Blitar Rayakan Hari Kasih Sayang Foto: Erliana Riady
Blitar - 14 Februari identik perayaan valentine. Namun tidak dengan Kota Blitar. Saat 14 Februari malam, Pemkot Blitar menggelar drama kolosal pemberontakan PETA. Agenda pertunjukkan seni ini menjadi ikon budaya di Kota Blitar.

Tak hanya melibatkan 250 pelajar, drama dalam balutan gending tradisional ini juga diperankan banyak seniman prosional. Bertempat di areal Monumen PETA Blitar, pementasan kolosal ke 73 tahun peringatan PETA ini, selalu menarik perhatian warga untuk menyaksikan.

Tahun ini dengan tema 'Labuh Bumi Pertiwi' seakan mengukuhkan perjuangan itu bukan soal kalah dan menang. Namun semangat membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, harus terus diupayakan untuk mempertahankan jati diri bangsa Indonesia.

Bahkan Wakil Wali Kota Blitar, Santoso dalam sambutannya menegaskan "Bagi Kota Blitar, tanggal 14 Februari adalah peringatan Hari PETA, bukan hari yang lainnya," tandas Santoso, Rabu (14/2) malam.

Pementasan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB-23.00 WIB. Dipadu konsep tata lampu artistik, flare dan kembang api, suasana pementasan semakin syahdu.

Salah satu adegan menarik dari drama kolosal ini, saat akan memimpin pemberontakan PETA, Soepriyadi meminta restu pada ibu dan gurunya. Fragmen bagian ini, dikonsep lebih detail dengan durasi paling lama. Pesan moral diselipkan bagi penonton, saat fenomena kemerosotan moral banyak dialami pelajar.

"Saya paling suka dengan adegan ini, suasananya menyentuh sekali. Makanya saya selalu ajak siswa saya nonton drama kolosal ini. Selain banyak pesan moralnya, biar mereka juga punya kegiatan positif di hari yang identik perayaan kasih sayang," ujar salah satu pengajar SMPN 3 Kota Blitar, Hendro.

Pementasan malam ini cuacanya sangat cerah. Sehingga dari ribuan warga yang menyaksikan, baru beranjak pulang ketika pementasan usai.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed