DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 13:50 WIB

Aksi Kejar-kejaran Mobil Penjahat dan Polisi di Simulasi Pilgub Jatim

Rois Jajeli - detikNews
Aksi Kejar-kejaran Mobil Penjahat dan Polisi di Simulasi Pilgub Jatim Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Aksi kejar-kejaran mobil penjahat dan polisi lalu lintas dan reserse di Markas Kodam V Brawijaya. Gerombolan pengacau keamanan bersenjata itu, akhirnya berhasil dilumpuhkan pasukan Brimob Polda Jatim.

Adegan tersebut merupakan bagian dari sistem pengamanan kota (sispamkota) Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 di lapangan markas Kodam V Brawijaya, Rabu (14/2/2018).

Sebuah mobil berpenumpang komplotan pengacau keamanan bersenjata, menculik calon gubernur. Polisi reserse melakukan pengejaran mobil tersebut. Aksi kejara-kejaran pun tak terelakkan. Bahkan mobil polisi lalu lintas, juga ikut mengejar mobil penjahat itu.

Komplotan penjahat bersenjata itu berulang kali mengeluarkan tembakan ke arah mobil polisi. Mobil penjahat itu, hampir saja tertangkap, namun pengemudi lihai dan berhasil meloloskan dari sergapan mobil reserse dan polantas.


Simulasi Pilgub Jatim/Simulasi Pilgub Jatim/ Foto: Rois Jajeli


Komplotan penjahat itu, akhirnya membawa calon gubernur yang diculiknya, ke sebuah gedung. Polisi lalu lintas dan reserse pun mengepung gedung tersebut. Namun, karena penjahat sangat berbahaya, didatangkan bala bantuan dari Brimob.

Selain itu, Polda Jatim juga menerjunkan sniper (penembak jitunya). Serta pasukan elit Brimob lainnya yang turun dari helikopter milik Polda Jatim. Sejurus kemudian, gerombolan itu berhasil dilumpuhkan dan diamankan polisi. Sedangkan calon gubernur yang diculik itu, akhirnya bisa selamatkan polisi.

Suasanan tersebut gambaran dari kesiapan Polda Jatim dan jajarannya, dalam mengamankan Pilgub Jatim atau pemilihan kepala daerah di Jawa Timur pada Tahun 2018. Selain adegan tersebut, juga terlihat bagaimana kesigapan Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, dalam mengamankan setiap tahapan Pilkada. Mulai menjaga keamanan pada tahap kampanye, coblosan, penghitungan suara, dan tahapan pilkada lainnya.

Simulasi tersebut mendapatkan sambutan hangat dari undangan seperti Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Jatim, Pengadilan Tinggi, serta pejabat TNI, Polri, sipil.


Simulasi Pilgub Jatim/Simulasi Pilgub Jatim/ Foto: Rois Jajeli


Juga hadir Ketua KPU Jatim serta kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak bersama tim pemenangannya. cagub-cawagub Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno bersama tim pemenangannya.
(roi/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed