DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 12:50 WIB

Ini Lho Taman Jam Agung Setinggi 14 Meter di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Ini Lho Taman Jam Agung Setinggi 14 Meter di Pasuruan Taman Jam Agung di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Jika melihat menara jam, bayangan orang pasti tertuju ke Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Namun di Kota Pasuruan ada menara jam setinggi 14 meter. Menara jam ini berdiri kokoh di Taman Jam Agung, depan GOR Untung Suropati, Jalan Sultan Agung.

Keberadaan jam ini menjulang tinggi ke atas. Tampak pula view kubah gedung olah raga tersebut juga menambah keren pemandangan. Taman Jam Agung ini dilengkapi pedestrian melingkar, sehingga para pengunjung bisa menikmati suasana sambil berjalan. Lokasi ini juga dilengkapi 10 tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai.

Sejumlah vegetasi sudah tumbuh subur menambah keasrian. Setiap hari, Taman Jam Agung selalu ramai dikunjungi warga. Terutama pagi dan sore hari. Warga mengajak anak-anak bermain. Tak jarang pasangan muda-mudi juga memiliki tempat ini untuk kongkow.

Warna cerah yang mendominasi taman memunculkan perasaan nyaman dan rasa bahagia. Saat akhir pekan, pengunjung Taman Jam Agung semakin ramai. Pengunjung yang datang selain jalan-jalan, pastinya mengabadikan taman dengan kamera. Selfie dan welfie dengan latar menar jam, seperti jadi tujuan utama mereka yang datang ke tempat ini.


Taman Jam Agung di Pasuruan/Taman Jam Agung di Pasuruan/ Foto: Muhajir Arifin


"Saya asli Pasuruan, tapi lama di luar kota. Pas pulang ternyata sudah ada tempat ini. Bagus. Saya datang banyak ambil foto tadi. Nanti di-upload," ujar Fauzi (26), salah seorang pengunjung, Rabu (14/2/2018).

Bukan hanya warga sekitar, yang datang ke taman ini juga berasal dari luar kota. "Sedang main ke keluarga, pengen lihat menara jam ini. Ya sekalian," ungkap Rahmah (32), warga Lamongan sembari tetap berselfie ria.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kota Pasuruan, Rudianto, mengatakan menara jam berukuran 2x2 meter dan dibangun di atas taman seluas 35 meterx39 meter. "Sehingga sangat representatif untuk ruang terbuka hijau dan lokasi bermain warga," terangnya.

Taman tersebut, sebut Rudi, merupakan salah satu taman yang dibangun di Kota Pasuruan. Selain taman tersebut, juga ada Taman Sarinah, Taman Sekargadung hingga revitalisasi taman di alun-alun.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed