DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 11:55 WIB

Panwaslu-Polisi Bentuk Satgas OTT Money Politic di Pilwali Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Panwaslu-Polisi Bentuk Satgas OTT Money Politic di Pilwali Kediri Foto: Andhika Dwi Saputra/File
Kediri - Panwaslu dan polisi membentuk Tim Satgas Politik Uang (money politic) di Kota Kediri, pasca penetapan dan nomor urut pasangan cawali dan cawawali.

Komisioner Panwaslu Kota Kediri Divisi Pencegahan, Mansur mengatakan satgas money politic berada di bawah koordinasi sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu). Tim Gakkumdu memiliki waktu 14 hari untuk melakukan proses penyidikan terhadap operasi tangkap tangan dari satgas money politic.

"Karena polisi bukan warga yang memiliki hak pilih, maka tim satgas money politic ini mengajak kita untuk melakukan OTT. Setelah itu akan diproses dalam sentra gakkumdu yang di dalamnya ada kita panwaslu, polisi, dan kejaksaan," kata Mansur saat dihubungi, Rabu (14/2/2018).

Bagi masyarakat yang mengetahui adanya praktek politik uang, bisa langsung melapor ke panwaslu beserta membawa barang buktinya.

"Warga bisa melapor sampai maksimal 7 hari setelah menemukan money politic dengan memberikan bukti yang akurat. Sedangkan bahan kampanye ini maksimal nilainya hanya Rp 25 ribu, jika nilainya di atas itu dipastikan itu money politic," tegas Mansur.

Senada dengan Panwaslu, Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi membenarkan hal tersebut. Ada sejumlah personel anggotanya disiapkan khusus untuk penyelidikan dan penangkapan terkait politik uang.

"Kita sudah menyiapkan personel, yang nantinya jika diketahui terjadi politik uang akan koordinasi dengan panwaslu untuk melakukan penangkapan. Semua bisa dijerat, baik yang memberi maupun yang menerima uang politik itu," jelas Anthon

Kasatreskrim Polresta Kediri, AKP Ridwan Sahara juga menjabarkan ancaman hukuman pidana bagi pihak pihak yang terlibat dalam kasus politik uang.

"Ancaman hukuman penjara minimal 24 bulan dan maksimal 36 bulan, bagi para pihak yang terlibat dalam politik uang," tegas Ridwan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed