DetikNews
Sabtu 10 Februari 2018, 09:57 WIB

Bebek Goreng Sambal Durian, Rasanya Bikin Ketagihan

Erliana Riady - detikNews
Bebek Goreng Sambal Durian, Rasanya Bikin Ketagihan Bebek goreng sambal durian (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Sambal yang biasanya mengiringi bersantap menu bebek goreng adalah sambal terasi. Namun di Blitar, ada sambal lain dari pada yang lain, yang terasa nikmat disantap dengan menu bebek goreng. Sambal durian namanya.

Daging buah durian diulek campur cabai, bawang putih, gula, garam, dan sedikit terasi. Rasanya, hmm.....berasa durian tapi pedas, gurih, dan sedikit asam. Sambal durian ini semakin nano-nano rasanya saat dimakan bersama dengan bebek goreng.

"Ya makan durian tapi pedas, gurih, asam, nano-nano jadi satu. Ini rasa yang tidak membosankan kalau bareng bebek goreng. Sensasi rasanya bikin ketagihan, " kata salah satu penikmat, Sulistyawati kepada detikcom, Jumat (9/2/2018).

Tak hanya Sulistyawati yang mengaku ketagihan dengan menu yang berani tampil beda ini. Harto, pembeli yang lainpun mengaku selalu mampir ke depot ini ketika ke Blitar.

"Awalnya ngantar istri belanja perabot di toko depan situ. Lalu saya baca menu bebek sambal durian. Penasaran juga pengen coba, ternyata memang bikin ketagihan," aku pria asal Kediri ini.

Rasa penasaran inilah yang justru membuat orang berdatangan. Depot d'best kedai durian dengan menu spesial bebek sambal durian pun lalu jadi andalan. Depot di Jalan Lawu 56 Kota Blitar ini, menjadi terkenal karena sebagai destinasi kuliner satu-satunya yang berani menawarkan menu bebek sambal durian.

Bebek goreng sambal durianBebek goreng sambal durian (Foto: Erliana Riady)

Pemilik depot Ely Fitrilia (35) memang ingin menyajikan menu inovatif bagi para pelanggannya.

"Depot d'best itu bahan utamanya adalah buah durian. Saya ingin, pembeli bisa menikmati aneka varian produk olahan durian tapi yang beda. Kalau pancake, es krim, kue itu kan biasa. Lalu saya coba bikin sambal durian kok ternyata banyak yang suka," kata Ely di depotnya.

Untuk menjaga kemantapan rasa sambal durian, Ely selalu menggunakan buah durian segar. Buah durian itu sengaja didatangkan dari wilayah Sumatra yang sudah terjamin nikmatnya.

"Untuk sambal durian, duriannya saya datangkan dari Medan, Padang, Aceh dan Nias. Biasanya untuk produk olahan orang lain biasa pakai durian fermentasi atau tempoya. Tapi untuk sambal durian harus daging durian yang masih segar. Soalnya kalau tempoya, rasa asamnya lebih terasa, dan itu tidak disukai pelanggan disini," jelasnya.

Penasaran? Berarti harus mencoba. Harga per porsi bebek sambal durian ini Rp 28 ribu. Sambal durian diberi harga sendiri Rp 5.000 per porsi, sedangkan bebek goreng lengkap nasi dan lalapannya seharga Rp 23 ribu.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed