DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 17:59 WIB

Pemkot Surabaya Tak Pernah Wajibkan Apartemen Gunakan Fingerprint

Zaenal Effendi - detikNews
Pemkot Surabaya Tak Pernah Wajibkan Apartemen Gunakan Fingerprint Surat yang seakan mengatakan Pemkot Surabaya mewajibkan fingerprint (Foto: istimewa)
Surabaya - Pemkot Surabaya menegaskan tidak pernah mewajibkan pengelola rumah bersusun atau apartemen menerapkan fingerprint bagi penghuni untuk keperluan data kependudukan. Hal ini terkait beredarnya surat dari salah satu pengelola apartemen di kawasan Surabaya Timur yang mewajibkan penghuni melakukan fingerprint.

Beredar surat yang diduga dikeluarkan pengelola apartemen di Surabaya Timur yang mengeluarkan kebijakan baru bagi penghuni dalam penggunaan fingerprint untuk keamanan dan kenyamanan berdasarkan surat undangan nomor 005/6891/436.7.13/2017 yang dikeluarkan Dispendukcapil.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser menegaskan pihaknya tidak pernah memberikan aturan dan mewajibkan bagi pengelola apartemen untuk menerapkan fingerprint bagi penghuni.

"Kami tidak pernah mengeluarkan aturan dan mewajibkan pengelola apartemen agar penghuni diwajibkan melakukan fingerprint," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser pada detikcom, Rabu (7/2/2018).

Yang ada, kata Fikser, pemkot mengundang pengelola apartemen untuk melakukan sosialisasi Pelayanan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) orang asing sesuai dengam Perda Kota Surabaya Nomor 14 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

"Dan hal itu berupa surat undangan sosialisasi yang ditandatangani Kepala Dispendukcapil Surabaya Moh Suharto Wardoyo pada 13 Oktober 2017. Bukan aturan yang memerintahkan," tegas Fikser.

Fikser kembali menegaskan jika surat yang dikeluarkan Dispendukcapil adalah sebuah undangan sosialisasi. "Hanya surat undangan, bukan sebuah aturan yang mewajibkan. Para pengelola diundang untuk disosialisasi agar melakukan pendataan para penghuni untuk data kependudukan serta program SKTT orang asing. Itu saja, bukan aturan," pungkas mantan Camat Sukolilo ini.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed