detikNews
Jumat 02 Februari 2018, 10:11 WIB

Jalan di Pasuruan Rusak 30 Km, Pelaksana Proyek Nasional Siap Perbaiki

Muhajir Arifin - detikNews
Jalan di Pasuruan Rusak 30 Km, Pelaksana Proyek Nasional Siap Perbaiki Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Jalan Kabupaten Pasuruan sepanjang 30 Km rusak, dampak proyek-proyek strategis nasional, seperti Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan dan tol. Pemkab Pasuruan meminta pelaksana proyek segera memperbaiki jalan tersebut.

"Pelaksana proyek sudah dipanggil pak bupati. Mereka menyatakan bersedia melakukan perbaikan," kata Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, Jumat (2/2/2018).

Hari menyatakan, berdasarkan survei yang dilakukannya, jalan yang rusak berada di 5 kecamatan. Antara lain Kecamatan Winongan, Gondangwetan, Pasrepan, Rejoso dan Pohjentrek.

Jalan yang rusak tersebut, kata Hari, tak terdampak langsung proyek. Namun menjadi jalur alternatif karena ada pengerjaan proyek. Karena dilintasi kendaraan berat yang tak sesuai peruntukkannya, maka jalan cepat rusak.

"Pelaksana SPAM Umbulan siap melakukan perbaikan jalur alternatif yang rusak. Kami akan melakukan kajian ulang bersama mereka, dari hasil kajian akan dilakukan perbaikan," terangnya.

Perbaikan yang akan dilakukan merupakan perbaikan darurat. Perbaikan permanen akan dilakukan jika semua proyek nasional rampung.

"Anggaran semua dari pihak pelaksana proyek Umbulan. Mereka menyanggupi untuk perbaikan darurat. Yang penting bisa dilintasi. Mungkin diurug material kelas A agak tak becek. Kami sarankan kasih meterial yang bagus," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com