Tak Ada Gesekan TNI dan Polri, Ini Kata Dan Gartap III Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Kamis, 01 Feb 2018 15:53 WIB
Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Hubungan TNI dan polisi di Jawa Timur selama dua tahun terakhir sangat baik. Komandan Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya Mayjen TNI Arif Rahman mengaku tidak ada gesekan antara prajurit TNI dan Polri.

"Alhamdulillah saya lihat laporan dari POM (polisi militer) bahwa Tahun 2016 dan Tahun 2017, tidak ada satu pun perkelahian antara TNI dan Polri. Ini sangat bagus sekali di Jawa Timur ini," kata Mayjen TNI Arif Rahman usai Upacara Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer Tahun 2018 di lapangan markas Kodam V Brawijaya, Surabaya, Kamis (1/2/2018).

Ia menerangkan, TNI-Polri terus menjalin sinergitas. Bahkan di beberapa kesempatan, TNI dan Polri melakukan kegiatan operasi secara bersama-sama seperti operasi lalu lintas.

"Pelaksanaan patroli, pengecekan, kegiatan-kegiatan bersama-sama kepolisian. Polisi melaksanakan operasi lalu lintas dibantu TNI. TNI bersama-sama di situ. Polisi menangkap yang sipil dan POM TNI menangkap TNI yang tidak disiplin berlalu lintas," ujarnya.

Mayjen TNI Arif Rahman yang juga Pangdam V Brawijaya ini mengaku operasi penegakan ketertiban dan yustisi ini sangat bermanfaat untuk menegakkan disiplin prajurit di kesatuannya masing-masing.

"Mudah-mudahan dengan operasi ini, juga semakin bagus hubungan TNI dan Polri," jelasnya. (roi/fat)