DetikNews
Rabu 31 Januari 2018, 12:59 WIB

Awas, Ada Penanaman Pipa Proyek Umbulan di Jalur Malang-Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Awas, Ada Penanaman Pipa Proyek Umbulan di Jalur Malang-Pasuruan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, diharap bersabar. Jalur jurusan Malang-Pasuruan ditutup sebagian karena ada penanaman pipa proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

"Yang dari arah Malang atau selatan kami tutup. Sedangkan dari arah sebaliknya tetap bisa melintas," kata KBO Lalu-lintas Polresta Pasuruan saat dihubungi, Iptu Yudi Prasetyo, Rabu (31/1/2018).

Yudi menjelaskan, kendaraan dari Malang diarahkan dari Perempatan Warungdowo ke kanan menuju Perempatan Pengkol. Dari Perempatan Pengkol, yang akan ke arah Probolinggo diarahkan ke kiri menuju Perempatan Ketepeng.

"Lepas Perempatan Ketepeng, ke kanan menuju arah Probolinggo," terangnya.

Diakui Yudi, akibat pengalihan arus tersebut, kepadatan kendaraan di jalur alternatif dalam kota tak terelakkan. Saat jam masuk dan pulang kerja, kemacetan tak terhindarkan.

"Kami antisipasi menempatkan personel di tiap perempatan," terangnya.

Karena kepadatan kendaraan, ruas jalan dalam kota mengalami kerusakan di sejumlah titik. Selain volume yang sangat tinggi, jalan tersebut sebenarnya tak diperuntukkan untuk kendaraan besar dengan notase yang berat.

"Kami juga siapkan traffic cone jika sewaktu-waktu ada kendaraan mogok," terangnya.

Pantauan detikcom, proyek penanaman pipa masih berlangsung. Sejumlah pekerja tampak melakukan pengerukan jalan dengan alat berat. Penanaman pipa di tengah jalan ini diperkirakan tuntas Maret mendatang.

Sementara akibat pengalihan arus, kendaraan berat seperti truk-truk besar melintasi jalur alternatif Jalan Mas Mansyur dan Jalan KH Agus Salim. Selain truk besar, bus-bus antar kota dalam provinsi juga melintasi jalan dalam kota tersebut.

Akibatnya, penumpukan kendaraan tak terelakkan terutama di perempatan. Kemacetan sering terjadi khususnya saat jam masuk dan pulang kerja.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed