DetikNews
Kamis 25 Januari 2018, 11:48 WIB

Sampah Menumpuk, Pemkab Pasuruan Kekurangan Truk Angkut Sampah

Muhajir Arifin - detikNews
Sampah Menumpuk, Pemkab Pasuruan Kekurangan Truk Angkut Sampah Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pemkab Pasuruan hanya memiliki 20 truk pengangkut sampah. Padahal, dengan volume sampah yang mencapai 4.700 meter kubik/hari, idealnya dibutuhkan 50 armada truk.

Kekurangan armada tersebut menyebabkan 3.500 meter kubik sampah tak bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah yang tak terangkut ke TPA dikelola warga baik dengan cara daur ulang, ditanam dan sebagian besar dibuang sembarangan ke sungai dan selokan.

"Volume sampah kita 4.700 meter kubik per hari. Yang bisa dikelola DLH dan dibawah ke TPA sekitar 1.200 meter kubik," kata Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, M Muchaimin, Kamis (25/1/2018).

Muchaimin mengakui keterbatasan tersebut karena kurangnya sarana dan prasarana, terutama armada truk. Karena keterbatasan armada tersebut, DLH berkonsentrasi mengangkut sampah di kecamatan-kecamatan yang paling banyak menghasilkan sampah. Seperti Bangil, Beji, Pandaan dan Gempol.

"Idealnya 50 truk, tapi kita hanya punya 20 truk. Tahun kemarin kita ajukan (ke dewan) 28 disetujui 8," terangnya.

Sebagian sampah yang tak bisa dibawa ke TPA, lanjut Muchaimin, dikelola sendiri oleh masyarakat. "Sebagian didaur ulang untuk sampah plastik dan karton, ada yang ditanam dan dibuang ke kali dan selokan," terangnya.

Menurut Muchaimin, pembuangan sampah ke sungai tersebut, diakui Muchaimin, menjadi masalah yang terus dicarikan solusi. Selain terus mengupayakan pengadaan armada dan sarana serta prasarana, pihaknya juga mengoptimalisasi bank sampah.

"Makanya kami terus kejar target satu desa satu bank sampah di 2018. Saat ini sudah ada 136 bank sampah, namun yang sudah resmi beroperasi masih 46. Jika setiap desa punya bank sampah bisa kurangi 40 persen volume sampah. Kami berharap pemerintah desa bisa mendukung dengan mengalokasikan APBDes-nya untuk bank sampah," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed