Diuji Coba, Roket RH112B Jatuh dan Meledak di Lumajang

Rois Jajeli - detikNews
Rabu, 24 Jan 2018 20:32 WIB
Foto: Nur Hadi
Lumajang - Roket yang tengah diujicoba terjatuh dan meledak di kebun pepaya milik warga di Desa Bagi, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Belum diketahui pasti, penyebab meledaknya roket tersebut.

"Itu (penembakan roket RH112B) kan ujicoba," kata Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol CZi Agus Iskarman saat dihubungi detikcom, Rabu (24/1/2018).

Agus menerangkan, penembakan roket bernomor RH122B tersebut adalah konsorsium dari PT DI, PT Pindad, PT Dahana serta dihadiri tenaga ahli dari Lapan dan ITB.

Titik penembakan roket di sebuah desa di wilayah Kecamatan Tempursari. Sedangkan titik pendaratan di daerah Pandanwangi wilayah Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Jarak pelontaran roket tersebut sekitar 38 kilometer.

Roket RH112B Jatuh dan Meledak di LumajangFoto: Nur Hadi

"Teknisnya bagaimana, itu bukan wilayah saya. Fungsi kodim hanya membantu dalam hal pengamanan di wilayah lintasan penembakan. Karena ada beberapa wilayah kecamatan yang dilintasi," ujarnya.

Ia menegaskan, jauh hari sebelum dilakukan penembakan ujicoba, sudah ada surat izin dari Pangdam V/Brawijaya.

"Kita dapat tembusan untuk membantu pengamanan, dalam hal ini pengamanan pada saat latihan. Pengamanan agar masyarakat, petani, nelayan, diimbau oleh para babinsa, bhabinkamtibmas, para danramil, para kapolsek, hingga kepala desa, agar warga tidak berada di wilayah tersebut saat peluncuran roket. Jadi jauh hari masyarakat sudah tahu dan steril," tuturnya.

Penembakan ujicoba roket RH122B digelar selama dua hari yakni, pada hari ini dan besok. Prosedur pengamanan juga sudah dilakukan.

"Besok ada lagi ujicoba penembakan. Kita sterilkan betul, jangan sampai ada masyarakat yang lewat atau beraktivitas pada saat waktu penembakan," tandasnya. (roi/bdh)