DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 20:21 WIB

KPU Surabaya Siapkan 2 Opsi Penataan Dapil Untuk Pileg 2019

Zaenal Effendi - detikNews
KPU Surabaya Siapkan 2 Opsi Penataan Dapil Untuk Pileg 2019 Foto: File KPU Jatim
Surabaya - Selain pencocokan dan penelitian (coklit) DP4 untuk Pilgub Jatim 2018, KPU Kota Surabaya juga mulai melakukan tahapan penataan daerah pemilihan (dapil). KPU juga mulai melakukan penetapan jumlah kursi untuk Pemilu 2019.

Untuk penataan dapil, KPU Kota Surabaya menyiapkan dua opsi dan meminta masukan dari masyarakat. Kedua opsi itu pertama adalah penataan dapil tetap mengacu kepada penataan dapil Pemilu 2014. Kedua, penataan dapil dengan memindah Kecamatan Asemrowo yang awalnya di Dapil 5 dipindahkan ke Dapil 1.

"Kami siapkan dua opsi dan melibatkan masyarakat yang diharapkan ada sebuah ikatan yang mewakili dengan yang diwakili serta seberapa dekat para calon wakil rakyat dengan masyarakat," kata Komisioner KPU Kota Surabaya bidang hukum Purnomo Satrio Pringgodigdo pada detikcom, Selasa (23/1/2018).

Masyarakat akan diberikan waktu hingga 25 Januari 2018 untuk memberikan masukan penataan 5 Dapil Kota Surabaya. Terkait jumlah kursi DPRD Surabaya, Purnomo hampir memastikan akan menetapkan 50 kursi yang akan diperebutkan para calon wakil rakyat.

Menurutnya, jumlah kursi DPRD tetap. Hal ini pihaknya berpatokan dari data jumlah penduduk Kemendagri, jumlah penduduk Kota Surabaya masih dibawah 3 juta orang.

"Memang ada klausul jika jumlah penduduk diatas 3 juta maka jumlah kursi totalnya 55 kursi artinya bertambah 5. Karena dasar kami SK KPU RI yang menyatakan jumlah penduduk Kota Surabaya masih dibawah 3 juta atau sekitar 2,8 juta jadi jumlah kursi tetap 50 kursi," ungkap Purnomo.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed