DetikNews
Selasa 23 Januari 2018, 18:45 WIB

Panen Petani Probolinggo Berkurang, Harga Beras Merangkak Naik

M Rofiq - detikNews
Panen Petani Probolinggo Berkurang, Harga Beras Merangkak Naik Sidak beras dilakukan Tim Satgas Pangan Kota Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Sejak beberapa hari terakhir, harga beras di pasaran mengalami kenaikan harga. Naiknya harga dikarenakan panen petani Probolinggo berkurang.

Menurut salah satu distributor beras di Kota Probolinggo, Adi Susanto Saputro, untuk menyiasati kelangkaan beras, banyak distributor beras di Probolinggo mendatangkan stok beras dari Makassar.

"Di sini harga jual di pasaran mengalami kenaikan dari sebelumnya," kata Adi saat ada sidak harga beras dari Tim Satgas Pangan Kota Probolinggo, Selasa (23/1/2018).

Untuk saat ini, harga beras premium mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk harga beras medium mengalami kenaikan sebesar Rp 400 rupiah.

"Namun kenaikan harga beras medium masih dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 9.400 ," terangnya.

Menyikapi naiknya harga beras di pasaran, Kepala Bulog Divre Probolinggo Tommy Dispalingga mengatakan, pihaknya menyiapkan stok beras medium sebanyak 13 ribu ton. Stok beras itu dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan selama enam bulan mendatang.

"Jadi kami sudah menyiapkan stok beras itu untuk bisa digunakan operasi pasar," ujarnya .

Upaya operasi pasar yang dilakukan Bulog, kata Tommy, dilakukan untuk menstabilkan harga beras di pasaran. "Kami akan terus lakukan operasi pasar sampai harga beras benar benar stabil," imbuhnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed