DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 17:12 WIB

Risma Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gizi Buruk di Papua

Zaenal Effendi - detikNews
Risma Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gizi Buruk di Papua Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Wali Kota Tri Rismahrini kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan di Kampung Pedam, Distrik Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Sebanyak 25 bayi dilaporkan meninggal akibat gizi buruk.

"Iya ini kami sedang kumpulkan dan sore ini diberangkatkan, Harapannya tidak ada lagi bayi yang meninggal," kata Risma di Rumah dinasnya, Senin (22/1/2018).

Risma mengaku mengetahui bakar 25 balita meninggal akibat dehidrasi hingga gizi buruk dari media online. "Kemarin saya baca detikcom. Langsung saya minta teman-teman untuk kumpulkan bantuan untuk Kabupaten Pegunungan Bintang," ujarnya.

Selain hasil pengumpulan bantuan, Risma mengaku untuk bantuan kemanusiaan Kabupaten Pegunungan Bintang diantaranya diambil dari APBD untuk bantuan kemanusiaan.

BACA JUGA: Diare dan Kurang Gizi Landa Distrik Okbab Papua, 25 Balita Meninggal

"Ini ada yang beberapa dari APBD selain hasil urunan teman-teman di Pemkot," tambahnya.

Bantuan kemanusiaan yang dikirimnya tidak jauh beda yang dikirim ke Kabupaten Asmat beberapa waktu lalu.

"Hampir sama. Ada susu untuk meningkatkan metabolisme sehingga mempercepat penyembuhan serta ada makanan abon serta kering tempe," ujarnya.

Risma juga terus berkoordinasi dengan Pemkab Pegunungan Bintang. Bahkan, ia juga siap mengirimkan tim kesehatan jika diperlukan.

"Kita berkoordinasi dengan pemkab setempat untuk mengetahui perkembangannya agar bantuan selanjutnya sesuai dengan kebutuhan," pungkas Risma.
(ze/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed