DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 15:01 WIB

Peristiwa

Pit Bull Penjaga Kandang Ayam di Kediri Sering Kejar-kejar Warga

Andhika Dwi - detikNews
Pit Bull Penjaga Kandang Ayam di Kediri Sering Kejar-kejar Warga Foto: Andhika Dwi Saputra
Kediri - Keberadaan anjing pit bull menjadi penjaga kandang ayam milik Najam Zulkarnaen, rupanya meresahkan warga. Warga tak menyangka 2 pit bull itu akhirnya menggigit Sarju (73) hingga tewas.

Warga Dusun Kroncong, Desa Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri mengaku sering dikejar-kejar pit bull jika tak didampingi pemiliknya. Bahkan kadangkala mengacak-acak lapak sayuran warga.

Seperti pengakuan Wiji Mulyono (60), Ketua RT 05 RW 03. Wiji mengaku selama ini warga resah dengan keberadaan anjing penjaga yang sudah ada sekitar 1 tahun lalu.

"Warga sini sering merasa cemas dan khawatir dengan anjing yang disuruh jaga kandang ayam itu. Apalagi kalau malam rumah warga ada jualan sayur, sering diacak-acak sama anjing itu," kata Wiji saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (22/1/2018).

Selain itu, jika ada orang tak dikenal melintas akan dikejar. "Yang sering itu, kalau ada warga atau orang mau melihat ayam, tapi tidak ditemani pemilik anjing, orang tersebut akan dikejar oleh anjing pit bull tersebut," imbuh Wiji.

Wiji mengaku selama ini dua anjing pit bull itu sengaja dijadikan penjaga kandang ayam. Ini dilakukan sebagai pencegahan pencurian ayam. Meski sudah dirantai dan dan dikandangkan, namun pit bull tersebut seringkali dilepas dan tidak dirantai.

"Memang untuk menjaga ayam ternak mas, tapi ya itu seringkali anjingnya tidak dirantai dan dikandangkan kalau pas malam atau pas tidak ada pemiliknya, warga khawatir," tegas Wiji.

Sementara itu polisi tengah mengamankan pemilik anjing, Najam Zulkarnaen ke Mapolres Kediri. Najam dimintai keterangan dan menunggu proses olah TKP. Dua pit bull itupun sudah dbawa dan dirawat tim K-9.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed