DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 12:41 WIB

Pendidikan

Universitas Brawijaya Cari Rektor Baru, Ini Syarat dan Prosesnya

Muhammad Aminudin - detikNews
Universitas Brawijaya Cari Rektor Baru, Ini Syarat dan Prosesnya Foto: Muhammad Aminudin/File
Malang - Universitas Brawijaya (UB) akan memilih rektor baru. Pendaftaran dibuka mulai 5-31 Januari 2018. Namun, belum ada calon yang ingin maju untuk menduduki Rektor Brawijaya periode 2018-2022.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Brawijaya Prof Iwan Triyuwono mengatakan, penjaringan bakal berlangsung sampai akhir Januari 2018 mendatang.

Harapannya, setidaknya ada empat calon yang mendaftar mengacu kepada Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk pelaksanaan Pilrek.

"Penjaringan diharapkan ada empat calon yang mendaftar. Proses dibuka sampai 31 Januari 2018," ujar Triyuwono kepada detikcom, Senin (22/1/2018).

Dikatakan Triyuwono, ada beberapa syarat untuk calon yang akan mendaftarkan diri. Di antaranya, memiliki kemampuan manajerial, seperti menjabat sebagai kepala jurusan dan yang setara.

"Banyak item syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya ada pengalaman memimpin atau sebagai kepala jurusan atau ketua lembaga," urainya.

Triyuwono menambahkan, untuk pilrek kali ini, calon dari luar UB bisa turut mengikuti kontestasi. Jadi bakal calon bukan saja berasal dari lingkungan UB saja.

"Ada aturan baru memang, Permenristekdikti nomor 19 tahun 2017, mengatur bakal calon dari luar universitas diperbolehkan mengikuti pilrek," ujarnya.

Pihaknya sangat berharap, ada empat bakal calon yang mendaftar, yang nantinya bisa dilakukan proses tahapan berikutnya.

"Penyaringan dilakukan oleh senat, yang kemudian diteruskan kepada Menristek Dikti, jika jumlahnya kurang dari empat, maka menunggu petunjuk kementerian juga," terangnya.

Seleksi administrasi bakal digelar awal bulan depan. Pleno senat tertutup menentukan siapa calon berhak mengikuti pemilihan dilakukan pada 16 Feburari 2018 mendatang.

Puncaknya, pilrek melalui senat dengan rapat tertutup, tahapan itu juga akan dihadiri oleh Menristek Dikti pada 16 Maret 2018.

Sementara masa jabatan Profesor M Bisri sebagai Rektor UB berakhir 10 Juni 2018 nanti. Bisri juga memiliki peluang maju kembali sebagai rektor untuk kedua kalinya. "Profesor Bisri masih satu periode, boleh maju kembali," papar Triyuwono.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed