DetikNews
Senin 22 Januari 2018, 08:16 WIB

Peristiwa

Ini Isi Benda Mirip Bom yang Ditemukan di Sat Lantas Polres Lumajang

Yakub Mulyono - detikNews
Ini Isi Benda Mirip Bom yang Ditemukan di Sat Lantas Polres Lumajang Foto: Yakub Mulyono
Lumajang - Tim Jibom Subden 3 Detasemen B Bondowoso telah melakukan peledakan benda mirip bom di halaman kantor Sat Lantas Polres Lumajang. Setelah diselidiki, benda tersebut berisi kaleng dan benda mirip jam.

"Barang yang awalnya diduga bahan peledak atau pun bom, ternyata setelah dilakukan disposal dari tim Jibom Polda Jawa Timur, dinyatakan bahwa itu hanya barang menyerupai bom," kata Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi, Senin (22/1/2018).

Dia juga menegaskan masih menyelidiki siapa pelaku yang menaruh barang tersebut. Petugas telah melakukan olah TKP dan akan meminta keterangan sejumlah saksi.

"Pelakunya sementara kita selidiki, siapa yang melakukan hal tersebut," tegas Rachmad.

Kanit Jibom Subden 3 Detasemen B Bondowoso Ipda Agus Hari Widodo menyatakan, setelah diurai, benda mirip bom tersebut berisi kaleng dan semacam jam. Namun bukan rangkaian bom.

Baca Juga: Benda Mirip Bom di Kantor Sat Lantas Polres Lumajang Diledakkan

"Setelah diurai, itu hanya sebatas kaleng saja, kaleng rangkap dua. Memang di dalam kresek itu juga ada semacam jam. Tapi setelah diurai, barang-barang rangkaian bom tidak ada," terang Agus.

Namun jika dilihat dari bentuknya, Agus menduga benda tersebut memang sengaja dibuat menyerupai bom. Apakah sengaja untuk melakukan ancaman, masih belum diketahui.

"Kalau memang dibuat, mungkin tujuannya memang begitu (agar menyerupai bom). Apakah itu unsur ancaman atau gimana, kurang tahu juga," kata Agus.

Bahkan, lanjut Agus, petugas melakukan disposal dua kali untuk benar-benar memastikan bahwa benda tersebut bukan bom.

"Kenapa kita melakukan disposal dua kali, untuk memastikan lagi, kita melaksanakan dua kali," pungkasnya.

Benda menyerupai bom ditemukan di halaman Sat Lantas Polres Lumajang di Jalan Gatot Subroto, Minggu (21/1). Benda itu terbungkus tas kresek warna ungu. Benda mirip bom itu ditemukan pertama kali oleh seorang Office Boy (OB) bernama Subur.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed