DetikNews
Jumat 19 Januari 2018, 09:10 WIB

Peristiwa

Kambing Mati Misterius di Jember Diduga Digigit Anjing Jenis Pemburu

Yakub Mulyono - detikNews
Kambing Mati Misterius di Jember Diduga Digigit Anjing Jenis Pemburu Foto: Yakub Mulyono
Jember - Penyebab kematian lima ekor kambing milik Herman warga Jember, mulai menemukan titik terang. Kuat dugaan, kambing yang ditemukan mati di dalam kandang milik warga di Dusun Babatan, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, itu akibat gigitan anjing jenis pemburu.

Kepala Seksi Humas Polsek Semboro Aiptu Ely Muhsin mengatakan, ada saksi yang melihat dua ekor anjing berada di dalam kandang Herman. Saksi ini juga sempat melihat anjing itu menggigit kambing-kambing tersebut. "Jumlah anjingnya dua ekor, berwarna merah dan putih," kata Ely saat dihubungi, Jumat (19/1/2018).

Menurut Ely, anjing jenis pemburu selama ini tidak pernah memakan hewan buruannya. Anjing jenis ini dilatih hanya untuk melumpuhkan sasaran. Oleh karena itu, saat kambing yang digigit mati, maka anjing itu akan pergi begitu saja.

"Jadi kuat dugaan memang itu ulah anjing jenis pemburu. Anjing pemburu ini tidak pernah makan hewan buruannya, hanya menggigit saja di titik yang bisa melumpuhkan buruannya," jelas Ely.

Baca Juga: Kambing di Jember Ditemukan Mati Misterius

Apalagi, kawasan tersebut dekat dengan Desa Rejoagung yang terkenal banyak memelihara anjing pemburu. "Saat ini kawasan Semboro kan sudah menetapkan larangan untuk perburuan hewan. Ya mungkin anjing-anjing itu lama tidak berburu, sehingga akhirnya menyasar hewan ternak milik warga," ungkap Ely.

Dia menambahkan, beberapa waktu lalu sempat ada warga yang juga digigit oleh anjing pemburu ini. "Kena kaki, tapi tidak mengalami luka serius," tandasnya.

Menurut Ely, sebenarnya ada 8 ekor kambing yang diserang oleh anjing tersebut. Empat ekor kambing digigit di leher dan mati di lokasi. "Sementara 3 ekor lainnya luka ringan, yakni di leher dan kaki. Kemudian satu ekor lagi luka cukup parah. Oleh pemilik yang satu ekor ini langsung disembelih karena masih hidup," ungkapnya.

Meski dugaan kuat mengarah ke anjing jenis pemburu, namun belum diketahui anjing tersebut milik siapa. Yang jelas, anjing jenis ini dipastikan ada pemiliknya dan bukan anjing liar.

"Kita masih telusuri. Setelah kita bisa memastikan itu anjing jenis pemburu, maka kita telusuri juga siapa kira-kira pemiliknya," kata Ely.

Ely juga mengimbau kepada warga untuk tidak resah dengan adanya kejadian itu. Warga hanya diminta waspada dan mengawasi hewan ternaknya.

"Kemarin kapolsek juga sudah menemui warga dan meminta untuk tidak resah dengan kejadian itu. Warga juga kita lihat tenang tenang saja," pungkas Ely.

Lima kambing warga Jember, ditemukan mati misterius, Kamis (18/1). Dari semua kambing yang mati sama-sama memiliki luka di bagian leher. Pemilik kambing, Herman mengetahui lima ekor kambingnya mati di dalam kandang, pukul 03.00 WIB saat mendengar suara keributan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed