DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 11:34 WIB

Bolos Upacara Korpri, Ini Sanksi Ratusan PNS Pemkab Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Bolos Upacara Korpri, Ini Sanksi Ratusan PNS Pemkab Ponorogo Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Ratusan PNS seluruh instansi Pemkab Ponorogo bolos apel korpri tiap tanggal 17. Akibatnya, hari ini ratusan PNS diberi sanksi.

Mereka dikumpulkan di lapangan pendopo Pemkab Ponorogo mengikuti apel ulang. Sekitar 300-an PNS terlihat berjajar rapi membentuk barisan sesuai arahan inspektur upacara.

Sekda Pemkab Ponorogo, Agus Pramono menuturkan kegiatan apel kali ini merupakan kegiatan apel ulang pasca kemarin, Rabu (17/1) diketahui banyak PNS yang bolos.

"Kemarin diketahui banyak yang tidak hadir, sekarang saya panggil dan dikumpulkan di halaman pendopo untuk ikut apel ulang," tuturnya kepada detikcom, Kamis (18/1/2018).

Tak tanggung-tanggung di tengah apel, Agung menegaskan akan terus melakukan apel ulang hingga semua PNS di lingkungan Pemkab Ponorogo hadir. "Ini nanti akan saya sampling semua, bagi yang masih belum hadir akan saya panggil sendiri nanti, sanksinya kalau sampai upacara berikutnya tanggal 17 itu tidak hadir lagi, saya datangi satu-satu," jelasnya.


PNS Ponorogo apel ulang Hari Korpri/PNS Ponorogo apel ulang Hari Korpri/Foto: Charolin Pebrianti


Menurutnya, jumlah kehadiran apel kemarin kurang maksimal ia langsung melakukan sidak meskipun tidak ada perintah dari Bupati, Ipong Muchlissoni. "Ini merupakan satu pembinaan bagi yang tidak hadir seluruhnya hari ini saya hadirkan dan saya pimpin sendiri," ujarnya.

Dirinya mencontohkan dirinya yang saat ini bertempat tinggal di Madiun, bahkan tidak pernah bolos apel dan selalu tepat waktu. "Saya ini meski tidur pukul 01.00 WIB, subuh sudah bangun lalu berolahraga dan berangkat ke Ponorogo, sampai kantor pukul 06.45 WIB," paparnya.

Tidak hanya itu, dia pun mengapresiasi dua PNS lain Rizky dan Marni yang masing-masing tinggal di Jiawan, Madiun dan Sriti, Kecamatan Sawoo. "Mereka ini patut dijadikan contoh, kemarin mereka hadir, hari ini saya suruh datang juga sudah hadir," terangnya.

Dia menyayangkan sikap PNS yang tidak disiplin. Pasalnya Pemkab Ponorogo saat ini sudah memikirkan kenaikan pangkat, bahkan juga tunjangan perbaikan penghasilan. "Ini termasuk unsur pembinaan jika sudah melanggar tiga kali ada sanksi yang akan kita rumuskan, apakah mutasi atau yang lain," ucapnya.

Agus menambahkan jika seorang PNS berangkat pukul 07.00 WIB, pasti beda dengan yang berangkat pukul 09.00 WIB. "Apa tidak malu dengan lingkungan tempat tinggal sendiri, mosok PNS wes awan urung budhal (Masa PNS sudah siang belum berangkat kerja)," tukasnya.

Salah satu PNS yang kena sanksi, Endang Suciawati Amperawati dari Dinas Sosial dan Perlindungan Anak mengaku tak mengikuti apel kemarin karena sakit. "Saya habis sakit typhus sudah terapi, tapi ini masih lemas," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed