Ibu Bunuh Diri Ajak 3 Anak Pernah Dua Kali Coba Mengakhiri Hidupnya

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 17 Jan 2018 10:19 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto/File
Jombang - Di mata tetangga dan keluarganya, Evy Suliastin Agustin (26), ibu yang mengajak 3 anaknya bunuh diri dikenal pendiam dan tertutup. Ternyata tak hanya sekali dia melakukan aksi bunuh diri. Aksi serupa pernah dia lakukan 4 tahun yang lalu.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah memeriksa 9 saksi. Meliputi tetangga Evy di Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah, Mojoagung, keluarga dan suami Evy.

Baca Juga: Jenazah 3 Anak yang Diajak Ibunya Bunuh Diri Dimakamkan Berdekatan

"Keterangan para saksi, Evy ini pribadi yang tertutup. Ada permasalahan dia tidak cerita, hanya diam. Letupan-letupan masalah itu dia lampiaskan dengan marah-marah tanpa sebab. Anaknya dimarahi," kata Gatot kepada wartawan di kantornya, Jalan Wahid Hasyim, Rabu (17/1/2018).

Selain itu, lanjut Gatot, dari keterangan para saksi juga terungkap masa lalu Evy. Ibu tiga anak ini tak hanya sekali melakukan percobaan bunuh diri menenggak obat nyamuk cair.

Baca Juga: Dokter Kejiwaan Dilibatkan Periksa Ibu Bunuh Diri Ajak 3 Anaknya

"Dari keterangan keluarga dan suaminya, empat tahun yang lalu dia pernah melakukan upaya bunuh diri dengan cara yang sama," ungkapnya.

Disinggung terkait pemicu percobaan bunuh diri yang dilakukan Evy 4 tahun yang lalu, menurut Gatot, masih seputar masalah rumah tangga. "Tidak jauh dari itu (masalah rumah tangga)," tegasnya.

Baca Juga: Ini Persoalan Diduga Picu Ibu di Jombang Bunuh Diri Ajak 3 Anaknya

Evy mengajak bunuh diri 3 anaknya yang masih kecil dengan meminum obat nyamuk cair. Ketiga anak Evy adalah Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan).

Ketiganya ditemukan tewas di kamar mandi rumah keluarga Evy di Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah pada Senin (15/1) sekitar pukul 22.00 WIB. Sementara Evy juga ditemukan di tempat yang sama, tapi dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Ibu Bunuh Diri Ajak Tiga Anaknya di Jombang, Polisi Periksa Suami

Saat ini Evy menjalani perawatan di RSUD Jombang. Polisi masih mendalami penyebab ibu tiga anak ini nekat berupaya bunuh diri dengan mengajak anak-anaknya. Dugaan sementara, Evy mengalami depresi setelah 3 tahun tak dinafkahi suaminya berinisial F (55). (fat/fat)