DetikNews
Senin 15 Januari 2018, 09:51 WIB

Pura-pura Cari Rumput, Pemuda Ini Kepegok Curi 5 Ayam Bangkok

Yakub Mulyono - detikNews
Pura-pura Cari Rumput, Pemuda Ini Kepegok Curi 5 Ayam Bangkok Foto: Yakub Mulyono
Jember - Penghasilan tak menentu dari mencari rumput, membuat warga Jember ini gelap mata. Nurholis (26) warga Desa Kasiyan Timur, Kecamatan Puger, ditangkap anggota Polsek Puger setelah mencuri 5 ekor ayam Bangkok.

Lima ayam Bangkok itu milik Sahroni (46) warga Dusun Kedung Sumur, Desa Jambe Arum, Kecamatan Puger.

"Pelaku ini mencuri lima ayam Bangkok sekitar pukul 02.00 WIB. Selang satu jam kemudian, anggota Polsek Puger berhasil menangkapnya," kata Kapolsek Puger AKP Sudariyanto, Senin (15/1/2018).

Sehari sebelum mencuri, lanjut Sudariyanto, Nurholis berpura-pura mencari rumput di lokasi kandang ayam milik Sahroni. Ini dilakukan Nurholis untuk mempelajari situasi.

"Pelaku ini sehari sebelumnya mencari sasaran dengan cara mengawasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berpura-pura mencari rumput. Kemudian esoknya pelaku beraksi," terang Sudariyanto.

Melihat situasi mendukung, Nurholis akhirnya turun dari motor dan masuk ke kandang ayam milik korban. Karena di dalam kandang keadaannya sangat gelap, Nurholis menggunakan senter HP sebagai penerangan.

"Pelaku kemudian memutus tali kawat pagar kandang dan masuk mengambil 5 ekor ayam. Ayam tersebut lalu dimasukkan ke dalam sak, kemudian dimasukkan ke kotak stereoform yang sudah ada di sepeda motor," jelas Sudariyanto.

Rupanya tanpa disadari Nurholis, aksinya itu diketahui kepala dusun setempat. Saat itu juga kepala dusun melapor ke Polsek Puger. "Saat pelaku beraksi diketahui oleh kepala dusun. Akhirnya kepala dusun menghubungi petugas. Selang beberapa saat setelah pelaku beraksi, kepala dusun dan petugas dari polsek bisa mengamankan pelaku dan barang buktinya," terang Sudariyanto.

Dia menambahkan, Nurholis saat ini sudah ditahan di Mapolsek Puger. Korban mengalami kerugian kurang lebih Rp 2 juta. "Barang bukti yang diamankan diantaranya satu tang besi, HP merek Nexcom warna hitam, sak warna putih, kotak stereoform, lima ayam Bangkok jantan dan motor Honda Revo Nopol P 2641 NI," pungkas Sudariyanto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed