Warga Jember Tebar Puluhan Ribu Benih Ikan ke Sungai

Yakub Mulyono - detikNews
Sabtu, 13 Jan 2018 15:07 WIB
Foto: Yakub Mulyono
Jember - Warga Jember menebar puluhan ribu benih ikan di aliran Sungai Sedang. Penebaran benih ikan di Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, ini bentuk kepedulian masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup.

"Penebaran benih ikan ini sudah kedua kalinya. Tahap pertama telah kami lakukan bersama warga beberapa bulan lalu. Tujuan dari penebaran benih ikan ini untuk pelestarian lingkungan. Agar masyarakat juga merasa memiliki serta turut menjaga dan melestarikan ikan di sungai-sungai," kata salah seorang warga Desa Balung Kulon, Yeni, di lokasi, Sabtu (13/1/2018).

Dia mengatakan, warga yang menebar benih ikan di sungai ini tergabung dalam relawan pelestarian lingkungan hidup Desa Balung kulon. Pelaksanaan ini juga dihadiri Kepala Desa Balung Kulon, Babinsa Desa, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan, UPT Pertanian, perangkat desa dan masyarakat.

"Semua mengajak masyarakat agar turut melestarikan ikan di sungai ini. Tidak boleh meracun dan memakai setrum untuk mendapatkan ikan. Ada undang-undangnya," terang Yeni.

Yeni mengungkapkan, pada tahap pertama, ada 12 ribu benih ikan Lele yang ditebar. Sedangkan pada tahap kedua ini sekitar 23 ribu benih ikan dengan berbagai jenis.

"Kali ini terdiri atas berbagai jenis ikan. Di antaranya 11 ribu ikan Lele, 10 ribu ikan Nila dan 2 ribu jenis ikan Tombro," ungkapnya.

Kepala Desa Balung Kulon, Samsul Hadi mengatakan, bibit ikan didapat dari relawan dan beberapa teman. Ke depan, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan.

"Ini sudah kedua kalinya kami bersama relawan melakukan ini. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan ikan-ikan yang berada di sungai," pungkas Samsul. (fat/fat)